Kegiatan sehari hari yang menyebabkan keguguran

Diposting pada
Yang menyebabkan keguguran

Kegiatan sehari hari yang menyebabkan keguguran – Tentu Anda sudah tahu bahwa memang ada beberapa kegiatan yang menyebabkan keguguran. Dan tentu saja beberapa kegiatan ini harus dihindari. Atau paling tidak, seharusnya jauh sebelum perencanaan kehamilan bahwa beberapa kegiatan ini dapat mulai perlahan-lahan berkurang.

Ternyata masalah keguguran bukan hanya dari makanan penyebab keguguran 4 bulan. Masih banyak hal yang bisa dikatakan sangat erat kaitannya dengan aktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari yang bisa menyebabkan keguguran ini.

Karena itu, untuk membantu Anda mencegah hal ini terjadi, berikut ini saya akan membagikan sedikit informasi yang saya ketahui tentang beberapa kegiatan yang ternyata juga dapat menyebabkan keguguran.

Mengkonsumsi minuman beralkohol

Aktivitas pertama yang dapat meningkatkan kemungkinan keguguran adalah konsumsi minuman beralkohol. Konsumsi minuman beralkohol secara terus menerus dapat merusak tubuh seseorang dengan mudah. Tentu saja, minuman beralkohol juga akan dengan mudah menjatuhkan janin yang lemah yang masih dalam tahap pengembangan.

Ada beberapa bahaya minum alkohol selama trimester pertama yang mungkin tidak Anda ketahui dan perlu Anda ketahui. Anda dapat menemukan artikel ini di situs web kami.

Merokok

Berikutnya adalah aktivitas merokok yang sangat dilarang untuk wanita hamil. Jika Anda perhatikan tentu saja pada bungkus rokok itu telah dinyatakan bahwa sang ibu tidak mengandung rokok. Asap rokok yang masuk ke paru-paru memiliki banyak zat berbahaya.

Zat – zat ini akan sangat sulit dihilangkan dan tentu saja jika zat ini semakin menumpuk dapat mengancam kesehatan ibu hamil dan tentu saja janin dikandung karena ia masih sangat lemah.

Merokok untuk wanita hamil memang berbahaya. Tapi, berada di lingkungan di mana banyak orang merokok dan menjadikan kita perokok pasif juga memiliki bahaya yang tidak kalah hebatnya.

Berbagai kegiatan yang memicu stres

Salah satu aktivitas yang menyebabkan keguguran sebenarnya adalah beragam aktivitas yang bisa menyebabkan stres. Pikiran yang kacau dan stres tentu dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh seseorang menurun dan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit.

Selain itu, kondisi stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan penurunan kondisi kesehatan yang tentu saja akan berdampak pada janin.

Minum obat apa saja

Pernahkah Anda mengetahui beberapa cara untuk mengatasi flu pada wanita hamil secara alami tanpa menggunakan obat-obatan medis? Atau beberapa penyakit ringan lainnya seperti panas atau batuk? Beberapa metode ini sebenarnya baik untuk dicoba sebelum memutuskan untuk mengambil obat medis.

Banyak wanita hamil di luar sana mengambil obat sembarangan ketika mereka sakit. Tentu saja obat-obatan medis yang memiliki efek samping ini juga akan memberi efek samping pada janin yang dikandungnya. Karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda sakit.

Baca : Obat Penyebab Keguguran

Olahraga

Yang terakhir adalah olahraga. Memang sebenarnya ada beberapa jenis olahraga yang dilarang untuk wanita hamil karena mereka dapat mengancam keselamatan janin.

Bisakah Kelelahan Menyebabkan Keguguran ?

Kelelahan sering terjadi selama trimester pertama kehamilan dan dapat berlanjut sampai akhir kehamilan. Beberapa wanita dapat merasakan kelelahan selama kehamilan, beberapa mungkin merasa normal selama kehamilan. Dampak ini bervariasi untuk setiap wanita hamil.

Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kelelahan selama kehamilan. Beberapa mengaitkannya dengan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu selama kehamilan.

Memang, ada peningkatan yang sangat tinggi dalam kadar hormon progesteron selama kehamilan. Perubahan hormon ini dapat membuat Anda merasa lelah, mual, dan lebih emosional. Beberapa juga terkait dengan tidur malam hamil yang terasa tidak nyaman, sehingga hari berikutnya wanita hamil terlihat sangat lelah.

Mual dan muntah yang dirasakan selama kehamilan juga dapat menjadi penyebab kelelahan selama kehamilan karena energi dapat terbuang ketika wanita hamil mengalami hal ini.

Kecemasan yang Anda rasakan selama kehamilan juga dapat menyebabkan Anda menjadi lelah. Memang, terkadang pikiran bisa memengaruhi tubuh kita. Kelelahan yang dirasakan selama kehamilan juga bisa disebabkan karena Anda mengalami anemia defisiensi besi.

Kelelahan yang terjadi pada akhir kehamilan, mungkin disebabkan oleh peningkatan ukuran perut Anda dan kenaikan berat badan Anda.

Keguguran bisa disebabkan oleh berbagai hal. Terkadang, keguguran bisa dialami tanpa mengetahui apa yang menyebabkannya. Beberapa orang mengasosiasikan keguguran dengan kelelahan, karena mereka melihat aktivitas yang dilakukan oleh wanita hamil yang berat. Tapi, ini hanya bisa menjadi asumsi belaka, bukan kepenatan yang benar-benar penyebabnya.

Seperti telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal BJOG : An International Journal of Obstetrics and Gynecology pada 2007. Penelitian yang melibatkan 92671 wanita menunjukkan bahwa olahraga berat yang dilakukan oleh wanita hamil sebelum usia kehamilan mencapai 18 minggu dapat meningkatkan risiko keguguran.

Wanita hamil yang melakukan aktivitas berat secara intensif 3,5 kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan wanita hamil yang tidak melakukan aktivitas berat sama sekali.

Studi ini menemukan hubungan antara olahraga dan keguguran, tetapi tidak dapat membuktikan bahwa olahraga dapat menyebabkan keguguran. Berolahraga sendirian sebenarnya dianjurkan saat Anda hamil sehingga tubuh Anda tetap bugar dan memberi Anda ketenangan. Namun, olahraga yang disarankan untuk dilakukan adalah berolahraga ringan, seperti berjalan atau bersepeda santai.

Jadi, kelelahan yang disebabkan oleh olahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya belum terbukti menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Tubuh ibu sendiri memiliki mekanisme khusus untuk melindungi janin di dalam rahim.

Kelelahan karena aktivitas yang berat dapat meningkatkan risiko keguguran, tetapi secara tidak langsung dapat menyebabkan keguguran saja (ada banyak faktor lain).

Kelelahan adalah sesuatu yang biasa terjadi pada wanita hamil, tetapi tetap harus berhati-hati saat melakukan aktivitas. Jangan sampai Anda mengalami kelelahan berlebihan dan membuat diri Anda berisiko keguguran. Pastikan Anda cukup istirahat saat hamil.

Bagaimana cara mengatasi kelelahan selama kehamilan ?

Ada beberapa cara Anda bisa mengurangi kelelahan selama kehamilan, yaitu:

Kenali sinyal tubuh Anda

Anda harus mengenali tanda-tandanya jika tubuh Anda merasa lelah. Anda bisa tidur lebih awal jika merasa lelah. Juga, tidur siang karena itu benar-benar membantu mengurangi kelelahan Anda di siang hari ketika Anda bekerja. Tidur siang saja selama 15 menit sudah cukup untuk membuat Anda sedikit lelah.

Kelola jadwal Anda

Kami menyarankan Anda mengatur jadwal Anda dengan baik. Meskipun Anda seorang ibu rumah tangga, memiliki jadwal kegiatan harian dapat membuat hidup Anda lebih teratur, sehingga Anda terhindar dari kelelahan yang berlebihan.

Pastikan Anda mendapat cukup makanan

Ya, asupan makanan yang tepat selama kehamilan sangat dibutuhkan. Selain untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim, itu juga bermanfaat bagi Anda. Anda membutuhkan kalori tambahan sekitar 300 kalori atau lebih per hari saat Anda hamil. Pastikan setiap hari Anda mendapatkan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan atau biji-bijian, susu, dan daging tanpa lemak.

Baca : Makanan yang bisa menyebabkan keguguran saat hamil muda

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik

“Jika sudah makan, jangan lupa minum”, jadi kalimatnya sederhana. Pastikan Anda mendapat asupan cairan minimal 8-10 gelas per hari. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Ini akan membuat Anda lebih sering mengeluarkan cairan dalam tubuh. Jika Anda sering buang air kecil di malam hari, batasi asupan cairan Anda beberapa jam sebelum tidur.

Lakukan olahraga ringan secara teratur

Olahraga berat dapat meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran, tetapi olahraga ringan ternyata Anda membutuhkannya selama kehamilan. Olahraga dapat membuat Anda lebih tenang, membuat Anda tidur lebih baik, dan juga bisa membuat Anda lebih mudah untuk melahirkan karena dapat memperkuat otot-otot Anda. Setidaknya, lakukan olahraga ringan selama 20-30 menit per hari.

Tetap bahagia

Jangan biarkan kelelahan membuat kehamilan Anda menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Percayalah, kelelahan akan hilang pada trimester kedua. Luangkan waktu liburan untuk membuat hati Anda lebih bahagia dan pikiran tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *