Tanda tanda hamil yang perlu wanita muda ketahui
Tanda tanda hamil
Tanda tanda hamil

Setiap wanita merasakan Tanda tanda hamil yang berbeda-beda. Namun, tidak terdapat salahnya guna mengenali firasat umum di samping telat datang bulan supaya kehamilan lebih cepat terdiagnosa.

Sindrom menjelang haid (PMS) dan tanda hamil muda memang serupa, mulai dari payudara yang mengencang, sampai kram perut. Akan sulit untuk Anda yang sedang harap-harap khawatir untuk dapat membedakannya. Baca terus tulisan ini untuk memahami apa perbedaan yang jelas antara tanda hamil dan fenomena mau mens.

Ada kalanya, pasangan suami istri belum memahami secara betul tentang tanda-tanda hamil ini. Mereka kadang masih bingung memisahkan mana firasat kehamilan ( pregnancy symptoms ) sebetulnya dengan tanda bakal datang menstruasi.

Cukup tidak sedikit kasus pun bahwa ciri-ciri orang hamil seringkali serupa dengan tanda-tanda bakal menstruasi. Ketidaktahuan tentang hal ini pun menyebabkan sejumlah kasus terjadinya keguguran ( miscarriage ).

Ciri – Ciri dan Tanda – Tanda Hamil Muda

Keguguran diakibatkan masih dilakukannya suatu kegiatan atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilaksanakan orang hamil, sebenarnya sebetulnya dia sudah merasakan kehamilan. Ketidaktahuan bakal tanda-tanda kehamilan pun mengakibatkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan menjadi terabaikan.

Sebaliknya, tidak sedikit kasus semua keluarga stres sebab mengalami tanda tanda hamil 1 hari, ternyata sesudah dilakukan sejumlah kali test hasilnya negatif. Bayangan dan keinginan kehamilan yang mereka tunggu kesudahannya menjadi sirna.

Banyak semua wanita menilai bahwa firasat kehamilan melulu melihat dari satu sisi saja, yakni terlambat datangnya menstruasi. Memang betul, di antara tanda-tanda kehamilan ini ialah terlambatnya menstruasi.

Perlu diingat, terlambat menstruasi ini juga tidak saja disebabkan oleh kehamilan. Ada tidak sedikit hal yang mempengaruhinya, laksana pola makan, stres, terlampau lelah, adanya gangguan hormonal, dsb. Di samping terlambatnya menstruasi, cermati pula firasat kehamilan yang lain, yaitu :

Payudara sakit seminggu sebelum haid apakah tanda hamil ?

Payudara membengkak dan terasa nyeri ialah tanda PMS andai jaringan payudara terasa padat – khususnya di sisi terluar. Anda pun mungkin merasakan sensasi payudara yang terasa penuh, sesak, disertai oleh rasa nyeri dan berat.

Keluhan juga melulu muncul tepat sebelum menstruasi Anda, dan berhenti di hari kesatu menstruasi atau sekitar periode haid Anda. Selama mula kehamilan, payudara Anda barangkali terasa sakit, sensitif, atau keras ketika disentuh. Kedua payudara pun mungkin terasa lebih padat dan lebih berat.

Pembengkakan ini seringkali akan terjadi satu sampai dua minggu sesudah Anda merasakan pembuahan, dan dapat dilangsungkan cukup lama dampak lonjakan tingkat progesteron dalam tubuh untuk menyokong kehamilan. Beberapa perempuan mempunyai nyeri payudara yang dilangsungkan sepanjang masa kehamilan mereka.

Kram perut tanda hamil seperti apa ?

Banyak perempuan yang merasakan kram satu atau dua hari sebelum menstruasi tiba. Tetapi, kram perut juga dapat terjadi sekitar masa implantasi embrio.

Kram perut ialah tanda PMS andai Anda merasakan dismenore (kram dampak kejang otot rahim yang terjadi 24-48 jam sebelum menstruasi). Kram PMS pada lazimnya terasa seolah perut bawah kita diperas sesekali yang dibuntuti oleh nyeri punggung. kita mungkin melulu mengalami kembung di wilayah perut.

Beberapa wanita merasakan kram perut PMS ringan, namun juga dapat sangat intens. Pada umumnya, kram dan segala penderitaan yang mengekor akan berangsur menghilang sekitar periode haid kita dan menghilang di penghujung siklus.

Tanda tanda hamil muda pada perut yang diakibatkan implantasi benih umumnya terasa lebih enteng dari pada kram perut yang biasa kita alami sekitar PMS. Banyak wanita menuliskan bahwa nyeri berpusat lebih di satu sisi dari yang lainnya.

Misal, andai telur dibuahi menempel di sisi kanan rahim, kram barangkali lebih terasa pada sisi itu, bukan di sebelah kiri. Banyak wanita menuliskan bahwa rasanya laksana dicubit atau ditarik, tidak laksana kram yang sebenarnya.

Kram bisa dilangsungkan hanya sejumlah jam ( sampai sejumlah hari, pada permasalahan tertentu ), tetapi seringkali terjadi segera sesudah ovulasi — tidak saja sebelum haid ( untuk banyak sekali wanita ). Seringnya, kram implantasi pun dibarengi dengan kemunculan bercak darah, namun sekali lagi, ini tidak berlaku untuk masing-masing wanita.

Intinya : andai Anda merasakan kram yang intens dan dilangsungkan lebih dari satu hari, kita mungkin merasakan PMS.

Mual dan muntah tanda tanda hamil 2 minggu ?

Sekitar 50% orang hamil bakal mempunyai tanda-tanda hamil ini. Pemicunya ialah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut ialah HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Di samping dalam darah, penambahan hormon ini pun terjadi pada drainase air kencing.

Oleh sebab itu, perangkat test pack kehamilan memakai media air seni. Hal ini dilaksanakan untuk mengukur terjadinya penambahan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan menyebabkan efek pedih pada lapisan perut dan memunculkan rasa mual.

Rasa mual sebagai firasat hamil seringkali akan menghilang menginjak kehamilan trimester kedua. Jika rasa mual dan muntah masih terjadi pada umur kehamilan trimester kedua, usahakan periksakan dan konsultasikan ke dokter sebab akan mengganggu kehamilan.

Mual dan muntah ini dinamakan dengan morning sickness karena seringkali terjadi ketika pagi hari. Kenyataannya, mual dan muntah bisa terjadi pada siang dan malam hari. Bahkan, morning sickness terjadi melulu ketika orang hamil mencium wewangian atau aroma tertentu.

Sering buang air kecil

Setelah haid terlambat 1 – 2 minggu, kemauan untuk buang air kecil menjadi lebih tidak jarang dari kebiasaannya. Ini diakibatkan janin yang tumbuh di rahim mengurangi kandung kemih dan dampak adanya penambahan sirkulasi darah.

Di samping itu, kandung kemih lebih cepat diisi oleh urine dan kemauan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Peningkatan rasa buang air kecil juga diakibatkan oleh penambahan hormon kehamilan.

Walaupun buang air kecil ini sering, tidak boleh sampai membatasinya atau menahannya. Di samping itu, hindari dehidrasi dengan lebih menambah asupan cairan ke dalam tubuh. Anda pun mengalami firasat hamil ini ?

Pusing dan sakit kepala

Tanda-tanda hamil yang berikutnya ialah sering merasa pusing dan sakit kepala. Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dialami oleh ibu hamil disebabkan oleh hal fisik, yaitu: rasa lelah, mual, lapar dan desakan darah, rendah.

Selanjutnya, penyebab emosional yakni adanya perasaan tegang dan depresi. Di samping itu, penambahan pasokan darah ke semua tubuh juga dapat menyebabkan pusing ketika ibu berubah posisi.

Lelah dan ngantuk yang berlebih

Rasa lelah dan mengantuk pada ibu hamil selain diakibatkan oleh evolusi hormonal, juga dampak kinerja dari sejumlah organ vital laksana ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah. Seringkali keletihan dan ngantuk berlebih adalah ciri-ciri hamil untuk Ibu.

Organ-organ vital ini tidak melulu bekerja guna mencukupi keperluan ibu saja, namun pun untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Perut ibu yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya umur kehamilan pun memberikan beban tersendiri untuk tubuh ibu.

Sembelit

Percaya atau tidak, sembelit tergolong ke dalam firasat hamil. Sembelit terjadi dampak peningkatan hormon progesterone. Hormon ini di samping mengendurkan otot-otot rahim, juga dominan pada mengendurnya otot dinding usus sehingga mengakibatkan sembelit atau sulit buang air besar. Keuntungan dari suasana ini ialah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik ketika hamil.

Sering meludah

Tanda-tanda kehamilan ini terjadi dampak pengaruh evolusi hormon estrogen, seringkali terjadi pada kehamilan trimester kesatu. Tanda-tanda hamil laksana ini seringkali menghilang sesudah kehamilan menginjak trimester kedua, sampai-sampai tak akan dilaksanakan lagi oleh orang hamil.

Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu hamil bakal meningkat. Kondisi ini bakal bertahan sekitar terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak bakal turun ke situasi sebelum terjadinya ovulasi.

Semua fenomena di atas, sayangnya, tidak jarang kali merujuk untuk kehamilan, tapi bisa menjadi tanda adanya penyakit. Beberapa perempuan bahkan pun tidak menikmati satu pun fenomena di atas sebelum hamil.

Menggunakan perangkat tes kehamilan (test pack) yang dipasarkan bebas di pasaran bisa menilai kepastian kehamilan. Tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi hormon hCG yang diproduksi sepekan sesudah pembuahan terjadi.

Tes kehamilan dilaksanakan dengan memungut sampel urine, khususnya di pagi hari. Tempatkan urine pada wadah yang bersih, lantas celupkan perangkat uji ke dalamnya. Hasil positif diperlihatkan dengan teknik yang bertolak belakang sesuai dengan perangkat tes yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, kemunculan dua garis merah dapat menunjukkan hasil positif dan hasil negatif diperlihatkan dengan kemunculan satu garis merah. Kemunculan hasil positif bisa jadi besar akurat. Namun andai hasil kita negatif, ulangi tes sepekan lantas untuk meyakinkan tanda pasti hamil. Pastikan hasil dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan.