Tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 31

Memasuki pertumbuhan janin 31 minggu kehamilan, bayi Anda sekarang sudah seukuran kelapa, beratnya selama 1,5 kg dan panjang selama 40 cm dari kepala sampai tumit.

Di waktu ini bayi Anda bakal buang air kecil selama 250 ml urin sehari ke dalam cairan ketuban. Dia pun menelan cairan ketuban, yang benar-benar diganti sejumlah kali sehari. Kelebihan cairan ketuban barangkali berarti bahwa bayi tidak menelan secara normal atau bahwa terdapat gangguan pencernaan.

Adanya cairan yang tidak mencukupi dalam kantung ketuban barangkali berarti bayi tidak buang air kecil dengan benar dan dapat menunjukkan adanya masalah dengan ginjal atau drainase kemih. Dokter Anda bakal mengukur tingkat cairan ketuban kita sebagai unsur dari USG berkala.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 32

Selama pertumbuhan janin 32 minggu umur kehamilan, bayi Anda kini seukuran bengkoang besar dengan berat 1.7 kg dan panjang 42,5 cm dari kepala hingga tumit. Ia bisa bertahan hidup di luar rahim andai Anda mencetuskan pada ketika ini.

Sentuhan akhir sedang dilangsungkan pada pembentukan tubuh bayi Anda. Bulu mata, alis, dan rambut di kepala bayi Anda telah jelas. Rambut lanugo yang sudah menutupi bayi kita sejak mula bulan keenam mulai berjatuhan, meskipun sejumlah mungkin tetap sedang di bahu dan di punggung ketika lahir.

Untuk mengakomodasi perkembangan Anda dan keperluan bayi Anda, volume darah Anda bertambah 40 sampai 50 persen semenjak Anda hamil. Dengan rahim yang semakin mendorong dekat ke diafragma kita dan perut kita semakin padat, konsekuensinya kita mungkin merasakan sesak napas dan panas ulu hati.

Untuk menolong meringankan ketidaknyamanan Anda, usahakanlah tidur diganjal dengan bantal dan santap makanan dengan porsi lebih kecil tetapi lebih sering.

Anda mungkin merasakan nyeri punggung bawah seiring pertumbuhan kehamilan Anda. Jika kita mengalaminya, segera beri tahu dokter Anda, terutama andai Anda belum pernah mempunyai sakit punggung sebelumnya, sebab dapat menjadi tanda persalinan prematur.

Dengan asumsi bahwa kita tidak sedang menghadapi persalinan prematur, dalil lain guna nyeri punggung kita mungkin ialah pertumbuhan rahim kita dan evolusi hormonal. Uterus yang membesar menggeser pusat gravitasi kita dan melebarkan serta melemahkan otot-otot perut Anda, mengolah postur tubuh kita dan membebani punggung Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 33

Memasuki pertumbuhan janin 33 minggu kehamilan, ukuran bayi kita kira-kira sebesar buah nanas dengan panjang 43 cm dari kepala sampai tumit dan berat 1.8 kg lebih.

Pada sejumlah minggu terakhir sebelum kelahiran, miliaran sel yang berkembang di benak bayi Anda menolong bayi guna belajar tentang lingkungan di dalam rahim.

Bayi Anda bisa mendengar, merasakan, bahkan melihat. Pupil pada mata bayi Anda bisa mengecil dan melebar ketika mendeteksi cahaya. Seperti bayi yang baru lahir, bayi tidak sedikit tidur dan bahkan merasakan tahap istirahat Rapid Eye Movement (REM).

Paru-paru bayi Anda pun sudah nyaris seluruhnya sempurna. Selanjutnya akan hadir lemak pada tubuh bayi untuk mengayomi dan menghangatkan bayi Anda. Berat bayi akan meningkat di sejumlah minggu terakhir sebelum kelahiran.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 34

Selama pertumbuhan janin 34 minggu umur kehamilan, ukuran bayi kita kira-kira sebesar melon dengan berat 2.15 kg dan panjang selama 46 cm dari kepala sampai tumit. Sampai ketika ini, banyak sekali bayi telah pada posisi siap bermunculan dan dokter bakal memberi tahu kita posisi kelahiran bayi, apakah kepala atau kaki terlebih dahulu.

Asupan kalsium ibu sangat urgen selama masa kehamilan sebab bayi akan memungut kalsium dari sang ibu untuk menciptakan dan memperkeras tulang.

Jika perempuan hamil tidak mendapat kalsium yang cukup, urusan itu dapat memprovokasi tulangnya sendiri sebab perkembangan janin akan memungut mineral dari struktur rangka ibu sejumlah yang diperlukan. Vernix coating atau lemak pada kulit bayi semakin tebal, di mana rambut halus nyaris sepenuhnya hilang.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 35

Selama pertumbuhan janin 35 minggu umur kehamilan, ukuran bayi Anda ketika ini kira-kira sebesar buah semangka dengan berat 2.38 kg dan panjang 46 cm.

Dengan ukuran ini, tidak terdapat lagi ruang guna bayi bergerak di dalam rahim. Oleh sebab tersebut jumlah tendangan bayi barangkali berkurang, namun akan terasa lebih kencang. Lemak sudah beralih ke semua tubuh bayi Anda, terutama di dekat bahu. Jika bayi kita di posisi kepala terlebih dahulu, kepalanya bakal bersandar di tulang kemaluan kita pada persiapan persalinan.

Gambar perkembangan janin 31 sampai 35 minggu
Gambar perkembangan janin 31 sampai 35 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 36

Perkembangan janin 36 minggu kehamilan menunjukkan ukuran bayi kita kira-kira sebesar sebongkah kol, dengan panjang dari kepala sampai kaki tidak cukup lebih 47 cm dan berat 2,7 kg.

Janin yang sudah Anda lihat pada USG sebelumnya sudah tumbuh menjadi lebih gemuk. Pipi bayi telah mulai gembil dan otot mengisapnya pun sudah kuat, memberi kontribusi pada pertumbuhan wajah bayi Anda. Tulang yang menyusun batok kepala bayi Anda bisa bergerak secara relatif terhadap satu sama beda dan saling tumpang tindih ketika kepala bayi Anda sedang di dalam panggul. Fenomena ini dinamakan molding, dan memudahkan bayi guna lahir secara normal.

Jangan khawatir andai bayi Anda bermunculan dengan kepala agak runcing atau berbentuk aneh. Setelah sejumlah jam atau hari, kepala bayi Anda bakal kembali ke format bulat normal.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 37

Perkembangan janin 37 minggu kehamilan menunjukkan ukuran bayi Anda ketika ini kira-kira sebesar seikat sawi hijau, dengan panjang tidak cukup lebih 48 cm dan berat 2.85 kg.

Pada ketika ini, pertumbuhan koordinasi bayi Anda sudah berkembang lumayan baik sampai dia dapat menggenggam jari jemarinya. Jika cahaya terang ditunjukkan ke perut Anda, bayi Anda barangkali akan berputar menghadap ke arah cahaya itu di dalam rahim Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 38

Perkembangan janin 38 minggu umur kehamilan dapat dilihat dari evolusi ukuran bayi di dalam rahim.

Bayi Anda kini sudah seukuran seikat daun bawang, dengan panjang tidak cukup lebih 45 cm dari kepala sampai tumit dan berat 3,2kg.

Beratnya masih bakal terus meningkat walau pertumbuhannya melambat. Anda pun mungkin bakal sadar berat badan Anda sudah menurun atau berhenti bertambah.

Karena bayi Anda sudah mempunyai otot guna mengisap dan menelan cairan ketuban, feses telah mulai terakumulasi pada ususnya. Sel-sel yang berasal dari usus, sel kulit mati, dan rambut lanugo, ialah beberapa material yang berkontribusi dalam menyusun mekonium.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 39

Memasuki pertumbuhan janin 39 minggu kehamilan, bayi Anda ketika ini telah seukuran semangka kecil dengan berat 3,5 kg dan panjang 50cm dari kepala sampai tumit.

Terkadang tali pusar bisa melilit leher bayi. Secara umum, urusan ini tidak mengakibatkan masalah, walaupun operasi cesar akan dibutuhkan jika situasi ini menyebabkan tekanan pada tali pusar sekitar proses bersalin. Simpul mati pada tali pusar lebih jarang terjadi melulu 1% dari seluruh kehamilan.

Vernix yang menutupi kulit bayi Anda banyak sekali telah menghilang, begitu juga dengan lanugo. Tubuh Anda sudah melengkapi bayi kita dengan antibodi melewati plasenta yang akan menolong sistem daya imun bayi kita dalam melawan infeksi guna 6-12 bulan kesatu kehidupan.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 40

Setelah pertumbuhan janin 40 minggu kehamilan, bayi Anda kini sudah seukuran buah labu kecil dengan berat selama 3,4 kg dan panjang 50,8 cm. Bayi kita dapat bermunculan kapan saja sekitar minggu ini.

Namun, melulu 5% perempuan yang mencetuskan sesuai dengan perkiraan waktu bersalin yang sudah ditentukan. Banyak perempuan yang kesatu kali menjadi ibu menunggu sampai dua minggu sesudah waktu perkiraan persalinan guna menyambut kehadiran bayi mereka.

Jangan bercita-cita bahwa bayi Anda bakal langsung tampak cantik dan menarik. Bayi yang baru bermunculan sering merasakan perubahan format sementara pada kepalanya atau kepalanya barangkali ditutupi vernix dan darah. Kulit bayi Anda barangkali akan merasakan perubahan warna, kering, dan tidak sedikit ruam.

Karena dalam sistem tubuh bayi ada hormon Anda, perangkat kelamin bayi kita (skrotum untuk bayi laki-laki dan labia untuk bayi perempuan) barangkali akan terlihat lebih besar. Bayi Anda, baik tersebut laki-laki maupun perempuan, barangkali akan menerbitkan susu dari puting susu. Hal ini bakal menghilang dalam sejumlah hari dan sangatlah normal terjadi.

Tepat sesudah melahirkan, dokter bakal menyedot terbit lendir dari mulut dan hidung bayi, dan Anda bakal mendengar tangisan kesatu yang sudah lama ditunggu. Bayi Anda lantas akan ditempatkan di atas perut Anda, dan tali ari-ari akan dicukur – seringkali oleh sang Ayah dari bayi tersebut, andai ia memilih guna melakukannya.

Sejumlah tes singkat laksana Apgar score akan dilaksanakan untuk menilai respon bayi dan firasat vitalnya, dan dia bakal ditimbang dan diukur.

Jika kehamilan kita berisiko tinggi, atau andai operasi caesar dibutuhkan, seorang dokter yang berpengalaman dalam NICU (newborn intensive care unit) akan muncul pada proses persalinan guna langsung menangani bayi sebelum meletakkannya pada pangkuan Anda.

Gambar perkembangan janin 36 sampai 40 minggu
Gambar perkembangan janin 36 sampai 40 minggu