Tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 21

Pada masa pertumbuhan janin 21 minggu kehamilan ini, bisa jadi panjang bayi Anda telah seukuran wortel. Janin kita mungkin pun telah mempunyai panjang selama 26,7 cm dari kepala hingga tumit dan berat selama 340 gram.

Ketika menginjak masa pertumbuhan janin 21 minggu, tampak bahwa usus si kecil telah dapat menyerap sebanyak kecil gula cair dan masuk melewati sistem cernanya. Meski begitu, memang banyak sekali nutrisi dan makanan yang janin bisa masuk melewati plasenta.

Pada masa pertumbuhan janin di umur kehamilan 21 minggu, organ hati dan limpa bayi sudah bertanggung jawab untuk buatan sel darah. Sumsum tulangnya pun sudah lumayan mampu untuk menyusun sel darah.

Nantinya, organ pankreas janin berhenti memproduksi sel-sel darah pada minggu ke-30 kehamilan dan hati berhenti memproduksi sel-sel darah sejumlah minggu sebelum kelahiran.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 22

Di masa perkembangan dan pertumbuhan janin 22 minggu kehamilan ini, ukuran janin bayi telah sekitar 27,9 cm dari kepala ke tumit dan seberat 453 gram, atau sebesar buah labu.

Pada masa pertumbuhan janin 22 minggu kehamilan ini, wajah bayi pun sudah mulai terlihat. Ini dapat dilihat saat bibir, kelopak mata, dan alis janin telah terlihat lebih jelas.

Pada pertumbuhan janin di umur kehamilan 22 minggu ini, indera pengecap pada janin, yakni lidah, telah mulai tumbuh. Selain tersebut otak dan saraf janin telah mulai sempurna terbentuk lumayan untuk janin sampai-sampai ia bisa mulai menikmati rangsangan sentuhan dirinya sendiri. Bayi dapat merasakan sentuhan dengan mengelus wajahnya atau mengisap ibu jari, serta menikmati bagian beda dari tubuh mereka.

Di masa pertumbuhan janin 22 minggu kehamilan ini, organ reproduksi bayi bakal terus tumbuh. Pada anak laki-laki, testis mulai bergerak turun dari perut, dan pada anak perempuan, rahim dan ovarium telah berada di tempatnya, serta vaginanya mulai terbentuk.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 23

Di masa pertumbuhan janin 23 minggu kehamilan ini, ukuran bayi kira-kira telah seukuran buah mangga. Lalu berat janin selama 453 gram dengan panjang 27,9 cm.

Pada umur kehamilan ini, lapisan lemak telah mulai terdapat di dalam tubuh janin. Di samping itu, bayi pun akan lebih tidak jarang ‘olahraga’ dalam perut Anda, menggerakan jari tangan, jari kaki, lengan, dan kakinya. Jadi, tidak boleh kaget bila Anda bakal lebih sering menikmati gerakannya dari dalam perut.

Kemungkinan bermunculan prematur pada umur kehamilan ini pun mungkin terjadi. Bila bayi prematur bermunculan di minggu ini, lazimnya dapat bertahan hidup dengan perawatan medis intens dari dokter.

Akan namun mungkin pun bayi merasakan cacat lahir enteng sampai parah. Dengan bertambahnya penelitian dan pengetahuan di bidang kedokteran janin, diinginkan kasus bayi prematur secara bertahap berkurang masing-masing tahun.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 24

Kali ini bayi telah seukuran jagung. Bayi mempunyai panjang nyaris 30 cm dan berat naik selama 113 gram dikomparasikan minggu lalu.

Bayi masih menerima oksigen melewati plasenta. Akan tetapi sesudah lahir, paru-parunya bakal mulai aktif dan otomatis mengandung oksigen.

Supaya paru-parunya bisa langsung berfungsi, sekitar di dalam rahim organ itu akan mulai memproduksi zat surfaktan. Surfaktan ialah zat yang menangkal kebocoran pada kantung udara di paru-paru, dan melindunginya saat menghembuskan napas.

Tak melulu paru, indera pendengarannya pun kian berkembang ketika ini. Organ telinga dalam semakin sempurna, sehingga keterampilan keseimbangan si kecil pun semakin baik. Hal ini menciptakan ia memahami posisinya di rahim ketika itu, apakah dalam suasana terbalik atau tegak.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 25

Pada masa pertumbuhan janin 25 minggu ini, bayi di dalam kandungan barangkali sudah seukuran laksana sayuran lobak. Kira-kira panjangnya telah sekitar 37,6 cm dengan berat 680 gram.

Anda mungkin pun sudah memerhatikan laksana apa jadwal si kecil sekitar dia terdapat di dalam kandungan, kapan ia bergerak aktif dan istirahat. Jika memang Anda hendak lebih menikmati lagi gerakan si kecil, Anda dapat memerhatikannya sambil membisu dan tidak melakukan kegiatan apapun.

Ketika itu, kita juga dapat mengajaknya berkata karena di umur kehamilan 25 minggu ini, pendengaran bayi lebih berkembang dan telah dapat mendengar suara Anda.

Gambar perkembangan janin 21 sampai 25 minggu
Gambar perkembangan janin 21 sampai 25 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 26

Bayi Anda telah sepanjang daun bawang, panjang dari atas ke tumit 39cm dan berat selama 750g. Bahagialah, sebab kini bermukim tiga bulan lagi yang tersisa hingga si kecil bermunculan ke dunia.

Meskipun mata bayi kita tertutup selama sejumlah bulan terakhir, mereka bakal segera membuka mata dan mulai berkedip. Tergantung pada etnis, sejumlah bayi bakal lahir dengan mata biru atau abu-abu-biru (yang dapat berubah warna di tahun kesatu kehidupan) dan sejumlah akan bermunculan dengan mata coklat atau gelap. Bulu mata dan rambut di kepala pun mulai tumbuh.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 27

Bayi Anda kini seukuran kembang kol. Bayi paling sehat ketika ini, berat selama 900g dan panjang selama 36,8 cm. Pada minggu kesatu trimester ketiga ini, bayi Anda telah terlihat serupa dengan wajahnya ketika lahir nanti, melulu saja lebih kecil.

Paru-paru, hati, dan sistem kekebalan tubuh masih perlu berkembang secara utuh, tetapi andai lahir sekarang, bayi Anda bakal memiliki peluang yang paling bagus guna bertahan hidup.

Seiring dengan keterampilan pendengaran yang terus berkembang, bayi Anda barangkali mulai mengenali suara kita serta pasangan Anda. Suara yang didengar bayi bisa teredam sebab telinga masih tertutup dengan lapisan lilin tebal yang mengayomi kulit dari situasi pecah-pecah sebab cairan ketuban.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 28

Bayi Anda kini seukuran terong besar, beratnya selama 1 kg dan panjangnya 38 cm dari kepala sampai tumit. Pada pengecekan prenatal berikutnya, dokter barangkali memberi tahu kita apakah bayi kita dalam posisi kepala lebih dulu atau kaki lebih dulu atau pantat lebih dulu (disebut posisi sungsang) di dalam rahim.

Bayi yang berada dalam posisi sungsang barangkali perlu dicetuskan dengan operasi caesar. Bayi kita masih mempunyai 2 bulan untuk mengolah posisi, jadi tidak boleh khawatir andai bayi kita berada dalam posisi sungsang sekarang. Kebanyakan bayi akan berpindah posisi dengan sendirinya.

Lipatan dan alur benak bayi kita terus berkembang dan meluas. Di samping itu, bayi kita terus meningkatkan lapisan lemak dan terus mengerjakan pertumbuhan rambut.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 29

Ketika sudah menginjak perkembangan janin 29 minggu umur kehamilan, bayi Anda kini suah seukuran labu dengan berat 1,1 kg dan panjang 38,1 cm dari kepala hingga tumit.

Bayi kita terus aktif, dan gerakan yang tadinya halus sudah menjadi pukulan kencang yang barangkali dapat menciptakan Anda terkejut. Jika Anda menyaksikan penurunan kegiatan gerakan, hitunglah tendangan janin: bayi Anda mesti bergerak minimal 10 kali dalam dua jam. Jika bayi Anda tidak cukup bergerak, bicarakan dengan dokter Anda.

Pada akhir kehamilan, gerakan janin yang bisa Anda rasakan bakal menurun. Bayi Anda kini mempunyai sedikit ruang guna bergerak di dekat rahim, terutama saat kepalanya telah jatuh ke wilayah panggul.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 30

Selama pertumbuhan janin 30 minggu umur kehamilan, bayi Anda kini sudah seukuran semangka kecil, beratnya selama 1,3 kg dan panjang selama 40 cm dari kepala sampai tumit. Bayi kita terus meningkatkan berat badan dan lapisan lemak. Lemak ini menciptakan bayi tampak tidak keriput lagi dan akan menolong memberikan kehangatan sesudah lahir.

Bayi Anda bakal meniru gerakan pernapasan dengan berulang kali menggerakan diafragma guna bernafas. Bayi kita bahkan dapat mendapatkan cegukan, yang barangkali Anda rasa sebagai berkedut yang berirama di dalam rahim Anda.

Minggu ini barangkali menjadi yang terakhir kalinya guna menjalani tes bulanan. Ke depannya, Anda barangkali harus mendatangi dokter Anda masing-masing 2 minggu atau bahkan masing-masing minggu hingga kelahiran.

Pada tes bulan ini, Anda bakal diuji desakan darah dan berat badan dan ditanyakan mengenai tanda-tanda dan fenomena yang barangkali Anda miliki. Dokter pun meminta kita untuk mencerminkan gerakan dan jadwal pekerjaan bayi Anda: saat bayi kita bergerak dan saat dia tidak. kita akan dicek ukuran rahim laksana sebelumnya.

Gambar perkembangan janin 26 sampai 30 minggu
Gambar perkembangan janin 26 sampai 30 minggu