Tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu

Diposting pada

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 11

Pada tahap pertumbuhan janin 11 minggu kehamilan ini, ukuran janin telah sebesar bola golf, dengan panjang lebih dari 3 cm dari kepala hingga kaki. Untuk menolong semua tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, ibu mesti mengasup tidak sedikit makan makanan bergizi guna memberikan tidak sedikit nutrisi pada bayi.

Di masa pertumbuhan janin 11 minggu kehamilan, wajah bayi telah mulai tumbuh, khususnya telinga yang telah mendekati posisi akhir di kedua sisi. Jika Anda menyaksikan gambar bayi kita sekarang, Anda bakal mengira mempunyai bayi yang jenius sebab ukuran kepalanya ialah setengah dari panjang semua tubuh.

Meskipun organ reproduksi bayi kita sedang berkembang pesat, perangkat kelamin eksternal dari bayi tidak akan hadir sampai akhir minggu ke-11 dan mereka bakal jelas tampak sebagai bayi di minggu ke-14.

Pada masa pertumbuhan janin 11 minggu kehamilan ini, ibu hamil sudah dapat mulai bertenaga kembali. Pasalnya, mual dan pusing yang biasa dialami pada minggu mula kehamilan akan tidak banyak berkurang.

Sayangnya, Anda pun dapat merasakan sembelit dampak hormon yang memperlambat pencernaan, atau pun panas ulu hati (heartburn) sebab hormon melemaskan katup antara perut dan kerongkongan Anda.

Jangan khawatir andai rasa mual menciptakan Anda tidak bisa makan sekian banyak makanan sehat atau berat badan kita belum meningkat (kebanyakan perempuan hanya meningkat 1-2,5 kg sekitar tiga bulan kesatu kehamilan).

Nafsu santap Anda nantinya bakal segera pulang dan dari saat tersebut berat badan Anda bakal mulai naik 0,5 kg per minggu.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 12

Pada pertumbuhan janin 12 minggu kehamilan ini, ukuran janin telah sebesar buah jeruk dengan kira-kira berat 15 g dan panjang 5 cm dari kepala hingga kaki. Otak bayi kita di dalam kandungan pun bakal terus berkembang. Kuku jari tangan dan kaki, pita suara, dan pun usus bakal mulai terbentuk pada pertumbuhan janin 12 minggu ini.

Pada masa pertumbuhan janin 12 minggu ini, ginjal bayi telah mulai bekerja. Setelah menyerap nutrisi dari cairan ketuban, tubuh bayi bisa menyaring dan menerbitkan kotoran dalam format urine.

Pada masa pertumbuhan janin 12 minggu kehamilan, ibu hamil bisa jadi akan mulai lebih percaya diri. Ibu hamil barangkali merasa menjadi lebih cantik, kulitnya menjadi lebih halus dan bercahaya.

Penyebab perubahan keyakinan diri dan penampilan ini diakibatkan oleh penambahan aliran darah dan kegiatan hormon sekitar kehamilan. Hasilnya, hormon dan aliran darah ke pembuluh darah tak melulu meningkatkan kegiatan kelenjar minyak dan menciptakan wajah kita lebih merona serta permukaan kulit lebih kencang dan halus, namun terkadang urusan ini dapat mengakibatkan jerawat.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 13

Pada masa pertumbuhan janin 13 minggu kehamilan ini, janin kita panjangnya telah sekitar 7 cm (dari kepala sampai kaki). Sedangkan berat janin sudah menjangkau 30 gram.

Ketika menginjak bulan ke-4 atau 13 minggu masa kehamilan, plasenta Anda sudah berkembang dan bertugas sebagai pemasok oksigen, nutrisi, dan pengolahan kotoran bayi. Plasenta pun menghasilkan hormon progesteron dan estrogen yang menolong menjaga kehamilan.

Pada masa pertumbuhan janin 13 minggu kehamilan ini, mata janin pun sudah dapat tersingkap dan tertutup untuk mengayomi mata. Janin di dalam kandungan bisa meletakkan jempol di mulutnya, meskipun otot pengisap masih belum sepenuhnya berkembang.

Pada pengecekan di minggu ke 13 ini, dokter mungkin menyerahkan suplemen gizi dan vitamin guna kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat bakal meyakinkan bayi yang belum bermunculan dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang diperlukan, laksana asam folat, seng, zat besi, dan kalsium untuk perkembangan dan perkembangan.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda guna menilai teknik terbaik mengonsumsi vitamin, laksana diminum sambil santap atau diminum bersama-sama dengan jenis minuman tertentu.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 14

Pada usia pertumbuhan janin 14 minggu kehamilan, ukuran janin Anda barangkali sudah sebesar buah lemon,. Berat janin di umur 14 minggu ini berkisar 45 g dan panjangnya selama 9 cm dari kepala hingga kaki.

Di minggu ke 14 ini, bulu halus telah tumbuh di wajah bayi. Lapisan bawah bakal tumbuh dan pada akhirnya bakal menutupi semua tubuhnya hingga bayi lahir.

Di masa ini pun, perangkat kelamin bayi sudah sepenuhnya berkembang namun masih lumayan sulit guna dideteksi pada mesin USG. Di samping itu, bayi Anda pun mulai memproduksi hormon tiroid sebab kelenjar tiroid bayi sudah tumbuh ketika ini.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 15

Pada masa pertumbuhan janin 15 minggu kehamilan ini, ukuran janin telah sebesar buah apel, beratnya selama 75 gram dan panjang 10 cm dari kepala hingga kaki. Di minggu ke 15 ini, kulit janin bakal terus berkembang menebal, tetapi masih tipis dan pembuluh darah masih tampak menerawang. Rambut dan alisnya bayi di dalam kandungan juga akanterus tumbuh.

Di samping itu, sistem kerangka bayi Anda pun terus berkembang. Otot-otot bayi kita tumbuh terus-menerus dan bayi barangkali sudah dapat melakukan tidak sedikit pergerakan di kepala, mulut, tangan, pergelangan tangan, tangan, kaki dan sekitarnya. Di mana pergerakan ini dapat dirasakan oleh ibu hamil.

Di masa pertumbuhan janin 15 minggu kehamilan ini, ibu hamil umumnya telah sulit mengenakan celana jeans dampak perutnya yang mulai membesar. Kebanyakan ibu hamil pun belum percaya bahwa badan mereka bentuknya ikut berubah.

Ibu hamil tidak butuh panik. Perasaan kaget atau tidak dapat menerima fakta bahwa badan kita bentuknya berubah tersebut normal. Mood akan mengakibatkan naik-turunnya emosi kita secara tiba-tiba.

Hormon-hormon kehamilan dalam tubuh ialah penyebab gejala ini. Cobalah guna menghindari urusan yang dapat mengakibatkan Anda stres dan kenalilah evolusi mood Anda andai dirasa telah berubah esktrem. Perlu dikenang bahwa evolusi ini hanya dilangsungkan untuk masa-masa yang singkat saja sampai bayi lahir.

Gambar perkembangan janin 11 sampai 15 minggu
Gambar perkembangan janin 11 sampai 15 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 16

Pada pertumbuhan janin 16 minggu kehamilan, bisa jadi janin telah berukuran nyaris seukuran buah alpukat, dengan berat selama 100 gram dan panjang selama 12 sentimeter dari kepala sampai ujung kaki.

Di usia pertumbuhan janin 16 minggu kehamilan ini, bayi Anda kini sudah dapat menyangga kepalanya dengan lurus. Bayi pun sudah dapat mengekspresikan emosi dengan serangkaian ekspresi laksana menyipitkan mata dan cemberut.

Pada pertumbuhan janin umur 16 minggu kehamilan, Anda pun sudah dapat merasakan tendangan si kecil. Ya, ketika Anda merasa terdapat pergolakan di dalam perut, itu dengan kata lain sang untuk sedang menendang di dalam perut Anda.

Kebanyakan ibu akan menikmati tanda ini antara minggu ke-16 dan minggu ke-20 masa kehamilan. Namun tidak boleh membayangkan tendangan powerful dari malaikat kecil dalam diri Anda!

Tendangan kesatu bayi seringkali sangat lemah, bahkan barangkali Anda bakal salah mengira bahwa itu ialah tanda dari masalah pencernaan, terutama andai ini ialah kehamilan kesatu Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 17

Pada pertumbuhan janin 17 minggu kehamilan, janin sudah nyaris seukuran lobak dengan berat selama 150 gram dan panjang selama 12 sentimeter dari kepala sampai ujung kaki.

Bagian dari bayi yang sangat berkembang pesat sekitar periode ini ialah plasenta. Plasenta sudah berkembang dengan ribuan pembuluh darah guna mengoptimalkan kegunaannya untuk mengalirkan nutrisi serta oksigen untuk bayi dan melemparkan zat saldo bayi.

Pada pertumbuhan janin 17 minggu, Anda barangkali akan menyadari adanya evolusi ukuran payudara yang makin membesar. Sebenarnya, payudara kita mengalami tidak sedikit perubahan sejak mula kehamilan. Hal ini terjadi sebab pengaruh hormon kehamilan guna mempersiapkan tubuh memproduksi ASI.

Darah bakal lebih tidak sedikit mengalir ke duktus atau drainase ASI, dan payudara bakal tumbuh demi mempersiapkan Anda guna menyusui. Nah, berikut yang mengakibatkan ukuran payudara kita membesar sekitar kehamilan.

Di samping itu, evolusi hormon kehamilan pun membuat pembuluh darah vena utama menjadi terlihat. Pastikan ukuran bra Anda saat ukuran payudara mulai membesar saat kehamilan.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 18

Pada pertumbuhan janin 18 minggu kehamilan, janin sudah nyaris seukuran paprika dengan berat selama sekitar 200 gram dan panjang 14 cm dari kepala hingga kaki.

Telinga bayi pun sudah terbentuk lengkap. Maka itu, bersiaplah guna memutarkan lagu pendahuluan tidur untuknya sebab dalam sejumlah minggu mendatang, si kecil barangkali sudah bakal memiliki keterampilan untuk mendengar.

Tulang-tulang telinga tengah dan ujung saraf dari otaknya mulai berkembang, sampai-sampai dapat mendengar suara detak jantung dan pergerakan darah Anda melewati tali pusat. Bahkan si kecil pun mungkin bakal kaget bilamana mendengar suara keras.

Pada pertumbuhan janin 18 minggu kehamilan, mata si kecil pun semakin berkembang dengan baik. Bahkan retinanya telah dapat mendeteksi cahaya andai Anda memegang senter tepat di depan perut.

Di samping itu, tulang bayi Anda juga mulai berkembang, namun masih tetap lembut. Di minggu ini, klavikula dan kaki bayi bakal mulai mengeras.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 19

Pada pertumbuhan janin 19 minggu kehamilan, janin sudah lebih banyak dari ukuran lemon dengan berat selama 240 gram dan panjang selama 15 sentimeter dari kepala hingga kaki.

Pada pertumbuhan janin 19 minggu, rambut-rambut halus telah mulai tumbuh dan terbentuk. Rambut pembentuk kontur wajah, laksana alis dan bulu mata pun mulai tumbuh. Ginjal bayi pun sudah dapat bermanfaat sebagaimana harusnya guna memproduksi urin.

Perkembangan saraf menjangkau puncaknya pada minggu ini. Beberapa saraf laksana penciuman, pengecap, pendengaran, sentuhan, dan penglihatan sudah berkembang di benak janin. Lapisan pelindung berlilin yang dinamakan vernix caseosa pun mulai terbentuk pada kulit bayi untuk mengayomi kulitnya dari cairan ketuban.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 20

Pada usia pertumbuhan janin 20 minggu kehamilan, bisa jadi janin telah berukuran sebesar buah pisang, dengan panjang selama 25 cm dari kepala hingga tumit dan berat selama 315 gram.

Oleh sebab semakin besar, sang janin bakal menghabiskan tidak sedikit ruang di dalam janin, sehingga dapat menyebabkan desakan pada paru, perut, kandung kemih, dan ginjal Anda.

Pada usia pertumbuhan janin 20 minggu kehamilan, kulit bayi bakal mulai menebal dan berkembang. Rambut dan kuku bayi di dalam kandungan pun akan terus tumbuh.

Gambar perkembangan janin 16 sampai 20 minggu
Gambar perkembangan janin 16 sampai 20 minggu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *