Tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu
Tahap perkembangan janin
Tahap perkembangan janin

Sebelum mengetahui tahap perkembangan janin bayi Anda, catat dulu bahwa umur janin dan umur kehamilan tersebut berbeda. Usia kehamilan dihitung semenjak hari kesatu haid terakhir (HPHT) Anda. Nantinya hari estimasi lahir (HPL) bakal dihitung dari umur kehamilan kita tersebut.

Jadi, meskipun pada HPHT kita janin belum terbentuk sebab pembuahan belum terjadi, minggu itu tetap dihitung sebagai umur kehamilan minggu kesatu. Sebab, pada saat tersebut tubuh sebetulnya sudah menyiapkan diri guna hamil.

Usia kandungan pasti sangat urgen untuk kita ketahui. Ini dapat menolong Anda untuk memahami kapan kira-kira bayi Anda bakal lahir dan perawatan sebelum bermunculan (prenatal) apa yang mesti kita lakukan.

Seringnya, Anda barangkali mendengar umur kandungan dalam bulan. Banyak ibu hamil yang terbiasa menuliskan bahwa umur kandungan saya telah 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan, dan sebagainya. Padahal, yang tepat ialah usia kehamilan ditetapkan dalam minggu dan hari. Rata-rata, umur kehamilan dari pembuahan hingga melahirkan ialah 40 minggu, bukan 9 bulan. Mengapa ?

Proses perkembangan janin 1 sampai 9 bulan

Sebenarnya, tidak ada teknik untuk memahami kapan pembuahan tersebut terjadi. Sehingga, umur kandungan bakal dihitung menurut kapan Anda merasakan periode menstruasi terakhir, tergolong sekitar dua minggu ketika Anda belum hamil. Karena pada lazimnya pembuahan terjadi kira-kira pada dua minggu sesudah Anda menstruasi.

Jadi, andai dihitung, umur kehamilan akan dilangsungkan selama 40 minggu atau 280 hari (pada umumnya) hingga Anda melahirkan. Karena itu, umur kandungan akan bertolak belakang dengan umur janin. Usia janin adalahjumlah minggu yang telah dilewati janin semenjak pembuahan.

Lalu bagaimana dengan umur janin ? Sulit guna meyakinkan secara akurat berapa umur janin dalam kandungan dan kapan tepatnya pembuahan terjadi. Dokter dan bidan hanya dapat mengira-ngira umur janin menurut umur kehamilan Anda. Pemeriksaan USG juga hanya dapat membantu memperkirakan umur janin, namun tidak ada garansi seratus persen bahwa perhitungannya tepat.

Usia janin dapat jadi lebih kecil atau lebih banyak dari umur kehamilan Anda. Biasanya pembuahan memang terjadi pada hari ke 11 sampai 21 semenjak HPHT Anda. Namun, sekali lagi urusan ini tidak dapat dipastikan secara akurat.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 1

Berdasarkan keterangan di atas, Anda barangkali sudah dapat menebak bahwa pada kehamilan minggu kesatu, janin sebenarnya belum terbentuk sebab pembuahan barangkali belum terjadi. Maka, tes kehamilan berdikari dengan test pack dan pengecekan di dokter kandungan juga tidak akan dapat mendeteksi janin dalam kandungan Anda.

Pada minggu kesatu ini, tubuh kita sedang mempersiapkan guna ovulasi, yang seringkali terjadi salah satu 12 sampai 14 hari sesudah menstruasi. Ovulasi ialah pelepasan sel telur dewasa dari ovarium alias indung telur, terdorong ke tuba falopi, siap guna dibuahi. Apabila kita merencanakan kehamilan, ini ialah waktu yang tepat guna menandai kalender dan memprediksikan ovulasi.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 2

Pada pertumbuhan janin 2 minggu kehamilan ini, bisa jadi janin Anda telah mulai terbentuk. Janin bakal mulai terbentuk ketika sel telur kita bertemu dengan sperma pasangan Anda. Pada pertumbuhan janin 2 minggu kehamilan ini, jenis kelamin bayi mulai ditentukan, namun Anda belum dapat mengetahui tentu sampai sekitar umur 15 minggu kemudian.

Perlu diketahui terbentuknya jenis kelamin ini dibuka karena tadinya tiap orang memiliki 46 kromosom yang nantinya akan membina material genetiknya. Dari 46 kromosom, ada 2 kromosom yang menilai jenis kelamin, lazimnya disebut kromosom seks.

Salah satu kromosom diangkut dari sperma dan kromosom diangkut dari telur. Sel telur melulu mempunyai satu jenis kromosom yang dinamakan kromosom X, sementara sperma dapat membawa kromosom Y dan kromosom X.

Jika bayi kita dibuahi dengan kombinasi kromosom XX, maka bayi kita akan tercetus dengan jenis kelamin perempuan. Sedangkan andai kombinasi kromosomnya XY, maka Anda bakal mendapatkan bayi laki-laki.

Pada pertumbuhan janin 2 minggu kehamilan ini, tubuh Anda telah siap guna dibuahi, dengan kata lain telur kita mulai dicungkil dan siap guna dibuahi. Lapisan kandungan Anda bakal menebal guna mempersiapkan lokasi bayi kita di dalam kandungan.

Anda dapat menggunakan tes ovulasi untuk memahami waktu yang pas untuk mengawali pembuahan. Selama bersangkutan intim, melulu ada satu sperma yang akan sukses membuahi telur Anda. Ketika pembuahan terjadi, telur yang sudah dibuahi akan menduduki lapisan kandungan Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 3

Pada etape pertumbuhan janin 3 minggu kehamilan ini, Anda lazimnya belum menikmati tanda-tanda kehamilan. Meski begitu, pada pertumbuhan bayi 3 minggu kehamilan ini, janin sedang tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.

Telur yang sudah dibuahi akan merasakan pembelahan sel. Sekitar 30 jam sesudah pembuahan, telur bakal terbagi menjadi dua sel, kemudian empat sel, kemudian delapan sel, dan terus terpecah sampai beralih dari tuba falopi ke rahim. Saat perjalanannya ke rahim, kumpulan sel ini terlihat laksana bola kecil yang dinamakan embrio.

Lalu benih ini bakal berlubang dan terisi dengan cairan yang dinamakan blastocyst. Mendekati akhir minggu, cairan blastocyst bakal melekatkan dirinya pada lapisan rahim.

Ini disebut implantasi atau penanaman. Implan pada rahim ini membuat endometrium, sebagai lokasi untuk meluangkan nutrisi dan melemparkan kotoran untuk benih yang berkembang. Lalu implan bakal tumbuh menjadi ari-ari, yang akan menolong merawat bayi kita 9 bulan ke depan.

Pada tahap pertumbuhan janin 3 minggu ini, tubuh Anda bakal mengalami sejumlah perubahan untuk menyokong pembuahan di sel telur. Pada ketika ini barangkali Anda belum memahami kehamilan Anda. Di akhir minggu ini Anda barangkali menyadari adanya bercak kecil yang dinamakan “implantation spotting.”

Hal ini menunjukan telur yang dibuahi sudah melekat pada dinding rahim Anda. Tidak seluruh wanita merasakan bercak-bercak dan sejumlah wanita merasakan bercak-bercak pada ketika yang sama dengan jadwal menstruasi.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 4

Pada tahap pertumbuhan janin 4 minggu kehamilan ini, bayi kita berukuran sebesar biji bayam atau biji kacang hijau, yakni sekitar 2 milimeter. Secara teknis janin yang kita kandung sudah dapat disebut sebagai embrio.

Embrio terdiri dari dua lapisan sel yang akhirnya bakal berkembang menjadi seluruh organ dan unsur tubuh bayi Anda. Dua struktur beda yang berkembang ketika ini ialah amnion dan yolk sac.

Amnion terisi oleh cairan ketuban yang bakal mengelilingi dan melindungi benih yang sedang berkembang. Yolk sac ialah organ yang bakal memproduksi darah dan menolong merawat benih sampai ari-ari memungut alih.

Pada tahap pertumbuhan janin 4 minggu ini, benih Anda bakal melekat pada rahim. Hal ini dinamakan implantasi atau penanaman. Sesudah implantasi, bayi kita mulai memproduksi hormon yang dinamakan human chorionic gonadotropin (HCG) yang akan menolong menjaga dinding rahim.

Hormon ini pun mengirim sinyal ke indung telur guna berhenti mencungkil telur masing-masing bulan, yang menciptakan menstruasi kita berhenti. Beberapa wanita merasakan sedikit kram dan bercak darah pada minggu ini sekitar implantasi berlangsung, sampai-sampai mereka salah mengira tersebut adalahmenstruasi sebab bercak-bercak ini seringkali muncul di masa-masa yang sama dengan jadwal menstruasi.

HCG ialah nama hormon yang diukur dalam tes kehamilan. Di minggu ke-4 ini, tes kehamilan sudah dapat mendeteksi kehamilan Anda. HCG pun menyebabkan timbulnya gejala-gejala kehamilan yang dapat hadir di minggu ini.

Anda barangkali akan merasa lelah, kesemutan, sakit pada payudara, dan mual. Gejala-gejala ini serupa seperti ketika masa menstruasi. Tetapi di akhir minggu ini masa menstruasi tidak bakal datang bulan sebab kehamilan Anda telah berlangsung.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 5

Pada pertumbuhan janin 5 minggu ini, bayi Anda telah sebesar biji wijen. Sampai pada tahap pertumbuhan ini, janin berisi tidak sedikit jumlah sel.

Pada ketika ini, tabung saraf akan menyusun sumsum tulang belakang yang menghampar di sepanjang benih lalu menyusun otak, unsur tengah tonjolan di benih akan berkembang menjadi jantung bayi Anda. Lalu ari-ari dan membran lainnya mulai terbentuk dan berkembang, misalnya jari. Nutrisi dari ibu bakal menyebrangi ari-ari dan membran guna memberi santap bayi di dalam kandungan.

Pernahkah kita merasa paling bahagia guna sesaat lalu mendadak merasa paling tertekan? Mood yang tidak biasa atau naik-turun tidak jarang terjadi pada masa kehamilan. Anda bisa merasa gembira, kesal, senang, atau bahkan tidak percaya diri. Terkadang segala macam emosi bisa terjadi melulu dalam waktu sejumlah saat.

Pada tahap pertumbuhan janin 5 minggu ini, hormon Anda bakal naik secara menyeluruh sehingga emosi kita yang berubah-ubah adalah hal yang paling normal. Bahkan di masa ini, kita sedang dalam masa kehamilan yang adalah titik balik besar dalam kehidupan Anda, sampai-sampai suasana mood kita tidaklah stabil.

Mood yang tidak menentu sangat sering terjadi pada bulan kedua masa kehamilan, dan terkadang gejala ini bakal kembali di bulan-bulan terakhir sebelum melahirkan.

Anda pun mungkin bakal terkejut saat memahami bahwa selama 10-12 persen perempuan akan menderita depresi sekitar kehamilan, nyaris sama dengan proporsi perempuan dengan depresi postpartum. Jika kita merasa tertekan sekitar lebih dari dua minggu, temui dokter guna saran dan penanganan.

Gambar perkembangan janin 1 sampai 5 minggu
Gambar perkembangan janin 1 sampai 5 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 6

Pada pertumbuhan janin 6 minggu, bayi Anda telah sebesar kacang dengan ukuran 2-5 mm dari puncak kepala sampai bokong.

Di minggu ini, benak dan sistem saraf janin berkembang paling cepat. Perkembangan matanya telah mulai terbentuk dengan ditandai titik gelap. Sementara telinganya terlihat berbentuk laksana lekukan kecil di sisi kepala.

Jantung janin mulai berdetak dan bisa dideteksi melewati USG. Sistem pencernaan dan pernapasan bayi bakal mulai terbentuk dengan baik. Sel-sel tunas bakal berkembang menjadi akan lengan dan kaki.

Pada tahap pertumbuhan janin 6 minggu ini, Anda barangkali akan menikmati lebih tidak sedikit tanda-tanda kehamilan daripada minggu lalu. Berikut sejumlah tips untuk menolong Anda melalui periode ini.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 7

Pada pertumbuhan janin 7 minggu, bayi Anda telah sebesar biji apel hijau dan panjangnya dua kali lipat minggu lalu, yakni 1,27cm.

Bayi kita sedang berusaha untuk beradaptasi dengan kehidupan di dalam rahim. Dalam minggu ini, ari-ari yang menghubungkan kita dengan bayi sekitar kehamilan telah terbentuk. Ari-ari ini akan meluangkan oksigen, nutrisi, dan pengasingan kotoran guna bayi. Di samping itu, paru-paru dan sistem pencernaan bayi pun perlahan terbentuk.

Anda barangkali sudah tak sabar untuk menyaksikan wajah bayi Anda ketika ia lahir. Momen ini masih lama datangnya. Namun, ketika ini wajah bayi sedang dalam proses pembentukan. Kontur mata, hidung, mulut, telinga, dan sejumlah fitur beda di wajah bayi bakal mulai terbentuk minggu ini.

Pada pertumbuhan janin 7 minggu ini juga, lengan bayi bakal mulai terbentuk dan bakal terlihat laksana dayung kecil.

Kehamilan akan mengolah leher rahim (serviks) Anda. Selama minggu ini, rahim Anda bakal terus membesar dan sumbat ketuban bakal terbentuk. Sumbat ini bermanfaat melindungi rahim kita dan mengontrol menutup/ membukanya rahim. Sumbat bakal terus ada hingga serviks Anda tersingkap dan kita bersiap guna melahirkan.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 8

Pada pertumbuhan janin 8 minggu kehamilan Anda, bayi Anda telah sebesar kacang merah dan panjangnya selama 2,7 cm. Bayi terus bergerak dan merasakan perkembangan di dalam tubuh Anda.

Melihat jari tangan dan kaki kecil bayi ialah salah satu kegembiraan anda di hari kesatu kelahiran bayi. Di minggu ini, tangan dan kaki bayi kita baru mulai terbentuk. Namun, bayi Anda melulu mampu menekuk siku dan pergelangan tangannya.

Mata bayi bakal lebih jelas sebab retina sudah mulai mengembangkan pigmen. Di samping itu, usus terus tumbuh dan tidak memiliki lumayan ruang penyimpanan di perut sampai-sampai usus bayi bakal menonjol di luar tali pusat hingga minggu ke 12.

Pada pertumbuhan janin umur 8 minggu ini pun alat kelamin bayi mulai terbentuk. Akan tetapi, ini belum lumayan untuk memahami apakah anak Anda bakal menjadi laki-laki atau perempuan.

Pada tahap pertumbuhan janin 8 minggu ini, kita dapat menikmati semakin ketatnya bra yang kita kenakan sampai-sampai Anda akan membutuhkan ukuran bra yang lebih besar. Ya, penambahan kadar hormon mengakibatkan payudara kita membesar guna persiapan buatan susu.

Jadi, tidak boleh heran andai dada kita tiba-tiba membesar, terutama andai ini ialah kehamilan kesatu Anda. Tak butuh khawatir, ini ialah tanda-tanda yang paling normal pada kehamilan. Yang kita perlukan melulu membeli bra dengan ukuran yang lebih besar.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 9

Pada pertumbuhan janin 9 minggu kehamilan, ukuran janin telah sekitar sebesar buah anggur, dengan berat selama 28 gram dan panjangnya selama 2,54 cm.

Ekor punggung bayi telah menciut dan nyaris menghilang pekan ini. Namun, kepala bayi terus tumbuh dan lumayan besar dikomparasikan bagian tubuh bayi yang lain.

Pada pertumbuhan janin 9 minggu kehamilan ini kepala bayi kita beratnya selama 3 gram. Hidung pun telah berkembang dan dapat disaksikan pada USG, kulit di mata mulai menyusun kelopak mata. kita dapat menyaksikan lebih jelas kelopak mata saat USG dalam sejumlah minggu.

Sistem pencernaan bayi terus berkembang, usus tumbuh lebih panjang dan terbentuklah anus secara bertahap. Di samping itu, organ reproduksi (testis atau ovarium) bakal mulai terbentuk pekan ini.

Karena otot sudah tumbuh, bisa terjadi sejumlah gerakan kesatu pada minggu ini. Namun, kita tidak dapat merasakan gerakan-gerakan ini secara langsung melewati perut, melainkan melulu dapat disaksikan saat USG.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 10

Pada pertumbuhan janin 10 minggu, ukuran si kecil telah sebesar buah lengkeng dengan berat selama 7 gram dan panjang dari kepala hingga kaki lebih pendek dari 2,54 cm.

Di minggu ini, seluruh organ terbentuk dan mulai bekerja. Jari-jari tangan dan kaki telah mulai terbentuk. Di samping itu, tunas gigi secara bertahap terbentuk di dalam mulut. Jika anak kita laki-laki, testisnya pun akan mulai memproduksi tidak banyak hormon testosteron.

Untungnya, kecacatan nyaris tidak lagi tumbuh saat pertumbuhan janin 10 minggu. Hal ini pun menandakan akhir dari periode embrionik. Embrio kini sudah memiliki format manusia dan minggu depan secara sah sudah dapat disebut janin.

Sebelum kita hamil, rahim kita sebesar ukuran buah pir kecil, kemudian pada pertumbuhan bayi 10 minggu, rahim Anda bakal jadi sebesar jeruk bali. Anda dapat mempertimbangkan guna mulai menggunakan baju hamil sekarang. Pasalnya, Anda bakal merasa bahwa pakaian biasa telah tampak tidak nyaman dan sempit.

Di samping itu, payudara kita juga ingin lebih besar sampai-sampai akan memperketat bra Anda. Jika kita bingung antara mengenakan pakaian lama atau pakaian hamil, celana dan rok dengan bahan lentur akan menjadi opsi tepat guna kenyamanan Anda.

Gambar perkembangan janin 6 sampai 10 minggu
Gambar perkembangan janin 6 sampai 10 minggu