Tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu

Tahap perkembangan janin
Tahap perkembangan janin

Sebelum mengetahui tahap perkembangan janin bayi Anda, catat dulu bahwa umur janin dan umur kehamilan tersebut berbeda. Usia kehamilan dihitung semenjak hari kesatu haid terakhir (HPHT) Anda. Nantinya hari estimasi lahir (HPL) bakal dihitung dari umur kehamilan kita tersebut.

Jadi, meskipun pada HPHT kita janin belum terbentuk sebab pembuahan belum terjadi, minggu itu tetap dihitung sebagai umur kehamilan minggu kesatu. Sebab, pada saat tersebut tubuh sebetulnya sudah menyiapkan diri guna hamil.

Usia kandungan pasti sangat urgen untuk kita ketahui. Ini dapat menolong Anda untuk memahami kapan kira-kira bayi Anda bakal lahir dan perawatan sebelum bermunculan (prenatal) apa yang mesti kita lakukan.

Seringnya, Anda barangkali mendengar umur kandungan dalam bulan. Banyak ibu hamil yang terbiasa menuliskan bahwa umur kandungan saya telah 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan, dan sebagainya. Padahal, yang tepat ialah usia kehamilan ditetapkan dalam minggu dan hari. Rata-rata, umur kehamilan dari pembuahan hingga melahirkan ialah 40 minggu, bukan 9 bulan. Mengapa ?

Proses perkembangan janin 1 sampai 9 bulan

Sebenarnya, tidak ada teknik untuk memahami kapan pembuahan tersebut terjadi. Sehingga, umur kandungan bakal dihitung menurut kapan Anda merasakan periode menstruasi terakhir, tergolong sekitar dua minggu ketika Anda belum hamil. Karena pada lazimnya pembuahan terjadi kira-kira pada dua minggu sesudah Anda menstruasi.

Jadi, andai dihitung, umur kehamilan akan dilangsungkan selama 40 minggu atau 280 hari (pada umumnya) hingga Anda melahirkan. Karena itu, umur kandungan akan bertolak belakang dengan umur janin. Usia janin adalahjumlah minggu yang telah dilewati janin semenjak pembuahan.

Lalu bagaimana dengan umur janin ? Sulit guna meyakinkan secara akurat berapa umur janin dalam kandungan dan kapan tepatnya pembuahan terjadi. Dokter dan bidan hanya dapat mengira-ngira umur janin menurut umur kehamilan Anda. Pemeriksaan USG juga hanya dapat membantu memperkirakan umur janin, namun tidak ada garansi seratus persen bahwa perhitungannya tepat.

Usia janin dapat jadi lebih kecil atau lebih banyak dari umur kehamilan Anda. Biasanya pembuahan memang terjadi pada hari ke 11 sampai 21 semenjak HPHT Anda. Namun, sekali lagi urusan ini tidak dapat dipastikan secara akurat.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 1

Berdasarkan keterangan di atas, Anda barangkali sudah dapat menebak bahwa pada kehamilan minggu kesatu, janin sebenarnya belum terbentuk sebab pembuahan barangkali belum terjadi. Maka, tes kehamilan berdikari dengan test pack dan pengecekan di dokter kandungan juga tidak akan dapat mendeteksi janin dalam kandungan Anda.

Pada minggu kesatu ini, tubuh kita sedang mempersiapkan guna ovulasi, yang seringkali terjadi salah satu 12 sampai 14 hari sesudah menstruasi. Ovulasi ialah pelepasan sel telur dewasa dari ovarium alias indung telur, terdorong ke tuba falopi, siap guna dibuahi. Apabila kita merencanakan kehamilan, ini ialah waktu yang tepat guna menandai kalender dan memprediksikan ovulasi.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 2

Pada pertumbuhan janin 2 minggu kehamilan ini, bisa jadi janin Anda telah mulai terbentuk. Janin bakal mulai terbentuk ketika sel telur kita bertemu dengan sperma pasangan Anda. Pada pertumbuhan janin 2 minggu kehamilan ini, jenis kelamin bayi mulai ditentukan, namun Anda belum dapat mengetahui tentu sampai sekitar umur 15 minggu kemudian.

Perlu diketahui terbentuknya jenis kelamin ini dibuka karena tadinya tiap orang memiliki 46 kromosom yang nantinya akan membina material genetiknya. Dari 46 kromosom, ada 2 kromosom yang menilai jenis kelamin, lazimnya disebut kromosom seks.

Salah satu kromosom diangkut dari sperma dan kromosom diangkut dari telur. Sel telur melulu mempunyai satu jenis kromosom yang dinamakan kromosom X, sementara sperma dapat membawa kromosom Y dan kromosom X.

Jika bayi kita dibuahi dengan kombinasi kromosom XX, maka bayi kita akan tercetus dengan jenis kelamin perempuan. Sedangkan andai kombinasi kromosomnya XY, maka Anda bakal mendapatkan bayi laki-laki.

Pada pertumbuhan janin 2 minggu kehamilan ini, tubuh Anda telah siap guna dibuahi, dengan kata lain telur kita mulai dicungkil dan siap guna dibuahi. Lapisan kandungan Anda bakal menebal guna mempersiapkan lokasi bayi kita di dalam kandungan.

Anda dapat menggunakan tes ovulasi untuk memahami waktu yang pas untuk mengawali pembuahan. Selama bersangkutan intim, melulu ada satu sperma yang akan sukses membuahi telur Anda. Ketika pembuahan terjadi, telur yang sudah dibuahi akan menduduki lapisan kandungan Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 3

Pada etape pertumbuhan janin 3 minggu kehamilan ini, Anda lazimnya belum menikmati tanda-tanda kehamilan. Meski begitu, pada pertumbuhan bayi 3 minggu kehamilan ini, janin sedang tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.

Telur yang sudah dibuahi akan merasakan pembelahan sel. Sekitar 30 jam sesudah pembuahan, telur bakal terbagi menjadi dua sel, kemudian empat sel, kemudian delapan sel, dan terus terpecah sampai beralih dari tuba falopi ke rahim. Saat perjalanannya ke rahim, kumpulan sel ini terlihat laksana bola kecil yang dinamakan embrio.

Lalu benih ini bakal berlubang dan terisi dengan cairan yang dinamakan blastocyst. Mendekati akhir minggu, cairan blastocyst bakal melekatkan dirinya pada lapisan rahim.

Ini disebut implantasi atau penanaman. Implan pada rahim ini membuat endometrium, sebagai lokasi untuk meluangkan nutrisi dan melemparkan kotoran untuk benih yang berkembang. Lalu implan bakal tumbuh menjadi ari-ari, yang akan menolong merawat bayi kita 9 bulan ke depan.

Pada tahap pertumbuhan janin 3 minggu ini, tubuh Anda bakal mengalami sejumlah perubahan untuk menyokong pembuahan di sel telur. Pada ketika ini barangkali Anda belum memahami kehamilan Anda. Di akhir minggu ini Anda barangkali menyadari adanya bercak kecil yang dinamakan “implantation spotting.”

Hal ini menunjukan telur yang dibuahi sudah melekat pada dinding rahim Anda. Tidak seluruh wanita merasakan bercak-bercak dan sejumlah wanita merasakan bercak-bercak pada ketika yang sama dengan jadwal menstruasi.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 4

Pada tahap pertumbuhan janin 4 minggu kehamilan ini, bayi kita berukuran sebesar biji bayam atau biji kacang hijau, yakni sekitar 2 milimeter. Secara teknis janin yang kita kandung sudah dapat disebut sebagai embrio.

Embrio terdiri dari dua lapisan sel yang akhirnya bakal berkembang menjadi seluruh organ dan unsur tubuh bayi Anda. Dua struktur beda yang berkembang ketika ini ialah amnion dan yolk sac.

Amnion terisi oleh cairan ketuban yang bakal mengelilingi dan melindungi benih yang sedang berkembang. Yolk sac ialah organ yang bakal memproduksi darah dan menolong merawat benih sampai ari-ari memungut alih.

Pada tahap pertumbuhan janin 4 minggu ini, benih Anda bakal melekat pada rahim. Hal ini dinamakan implantasi atau penanaman. Sesudah implantasi, bayi kita mulai memproduksi hormon yang dinamakan human chorionic gonadotropin (HCG) yang akan menolong menjaga dinding rahim.

Hormon ini pun mengirim sinyal ke indung telur guna berhenti mencungkil telur masing-masing bulan, yang menciptakan menstruasi kita berhenti. Beberapa wanita merasakan sedikit kram dan bercak darah pada minggu ini sekitar implantasi berlangsung, sampai-sampai mereka salah mengira tersebut adalahmenstruasi sebab bercak-bercak ini seringkali muncul di masa-masa yang sama dengan jadwal menstruasi.

HCG ialah nama hormon yang diukur dalam tes kehamilan. Di minggu ke-4 ini, tes kehamilan sudah dapat mendeteksi kehamilan Anda. HCG pun menyebabkan timbulnya gejala-gejala kehamilan yang dapat hadir di minggu ini.

Anda barangkali akan merasa lelah, kesemutan, sakit pada payudara, dan mual. Gejala-gejala ini serupa seperti ketika masa menstruasi. Tetapi di akhir minggu ini masa menstruasi tidak bakal datang bulan sebab kehamilan Anda telah berlangsung.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 5

Pada pertumbuhan janin 5 minggu ini, bayi Anda telah sebesar biji wijen. Sampai pada tahap pertumbuhan ini, janin berisi tidak sedikit jumlah sel.

Pada ketika ini, tabung saraf akan menyusun sumsum tulang belakang yang menghampar di sepanjang benih lalu menyusun otak, unsur tengah tonjolan di benih akan berkembang menjadi jantung bayi Anda. Lalu ari-ari dan membran lainnya mulai terbentuk dan berkembang, misalnya jari. Nutrisi dari ibu bakal menyebrangi ari-ari dan membran guna memberi santap bayi di dalam kandungan.

Pernahkah kita merasa paling bahagia guna sesaat lalu mendadak merasa paling tertekan? Mood yang tidak biasa atau naik-turun tidak jarang terjadi pada masa kehamilan. Anda bisa merasa gembira, kesal, senang, atau bahkan tidak percaya diri. Terkadang segala macam emosi bisa terjadi melulu dalam waktu sejumlah saat.

Pada tahap pertumbuhan janin 5 minggu ini, hormon Anda bakal naik secara menyeluruh sehingga emosi kita yang berubah-ubah adalah hal yang paling normal. Bahkan di masa ini, kita sedang dalam masa kehamilan yang adalah titik balik besar dalam kehidupan Anda, sampai-sampai suasana mood kita tidaklah stabil.

Mood yang tidak menentu sangat sering terjadi pada bulan kedua masa kehamilan, dan terkadang gejala ini bakal kembali di bulan-bulan terakhir sebelum melahirkan.

Anda pun mungkin bakal terkejut saat memahami bahwa selama 10-12 persen perempuan akan menderita depresi sekitar kehamilan, nyaris sama dengan proporsi perempuan dengan depresi postpartum. Jika kita merasa tertekan sekitar lebih dari dua minggu, temui dokter guna saran dan penanganan.

Gambar perkembangan janin 1 sampai 5 minggu
Gambar perkembangan janin 1 sampai 5 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 6

Pada pertumbuhan janin 6 minggu, bayi Anda telah sebesar kacang dengan ukuran 2-5 mm dari puncak kepala sampai bokong.

Di minggu ini, benak dan sistem saraf janin berkembang paling cepat. Perkembangan matanya telah mulai terbentuk dengan ditandai titik gelap. Sementara telinganya terlihat berbentuk laksana lekukan kecil di sisi kepala.

Jantung janin mulai berdetak dan bisa dideteksi melewati USG. Sistem pencernaan dan pernapasan bayi bakal mulai terbentuk dengan baik. Sel-sel tunas bakal berkembang menjadi akan lengan dan kaki.

Pada tahap pertumbuhan janin 6 minggu ini, Anda barangkali akan menikmati lebih tidak sedikit tanda-tanda kehamilan daripada minggu lalu. Berikut sejumlah tips untuk menolong Anda melalui periode ini.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 7

Pada pertumbuhan janin 7 minggu, bayi Anda telah sebesar biji apel hijau dan panjangnya dua kali lipat minggu lalu, yakni 1,27cm.

Bayi kita sedang berusaha untuk beradaptasi dengan kehidupan di dalam rahim. Dalam minggu ini, ari-ari yang menghubungkan kita dengan bayi sekitar kehamilan telah terbentuk. Ari-ari ini akan meluangkan oksigen, nutrisi, dan pengasingan kotoran guna bayi. Di samping itu, paru-paru dan sistem pencernaan bayi pun perlahan terbentuk.

Anda barangkali sudah tak sabar untuk menyaksikan wajah bayi Anda ketika ia lahir. Momen ini masih lama datangnya. Namun, ketika ini wajah bayi sedang dalam proses pembentukan. Kontur mata, hidung, mulut, telinga, dan sejumlah fitur beda di wajah bayi bakal mulai terbentuk minggu ini.

Pada pertumbuhan janin 7 minggu ini juga, lengan bayi bakal mulai terbentuk dan bakal terlihat laksana dayung kecil.

Kehamilan akan mengolah leher rahim (serviks) Anda. Selama minggu ini, rahim Anda bakal terus membesar dan sumbat ketuban bakal terbentuk. Sumbat ini bermanfaat melindungi rahim kita dan mengontrol menutup/ membukanya rahim. Sumbat bakal terus ada hingga serviks Anda tersingkap dan kita bersiap guna melahirkan.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 8

Pada pertumbuhan janin 8 minggu kehamilan Anda, bayi Anda telah sebesar kacang merah dan panjangnya selama 2,7 cm. Bayi terus bergerak dan merasakan perkembangan di dalam tubuh Anda.

Melihat jari tangan dan kaki kecil bayi ialah salah satu kegembiraan anda di hari kesatu kelahiran bayi. Di minggu ini, tangan dan kaki bayi kita baru mulai terbentuk. Namun, bayi Anda melulu mampu menekuk siku dan pergelangan tangannya.

Mata bayi bakal lebih jelas sebab retina sudah mulai mengembangkan pigmen. Di samping itu, usus terus tumbuh dan tidak memiliki lumayan ruang penyimpanan di perut sampai-sampai usus bayi bakal menonjol di luar tali pusat hingga minggu ke 12.

Pada pertumbuhan janin umur 8 minggu ini pun alat kelamin bayi mulai terbentuk. Akan tetapi, ini belum lumayan untuk memahami apakah anak Anda bakal menjadi laki-laki atau perempuan.

Pada tahap pertumbuhan janin 8 minggu ini, kita dapat menikmati semakin ketatnya bra yang kita kenakan sampai-sampai Anda akan membutuhkan ukuran bra yang lebih besar. Ya, penambahan kadar hormon mengakibatkan payudara kita membesar guna persiapan buatan susu.

Jadi, tidak boleh heran andai dada kita tiba-tiba membesar, terutama andai ini ialah kehamilan kesatu Anda. Tak butuh khawatir, ini ialah tanda-tanda yang paling normal pada kehamilan. Yang kita perlukan melulu membeli bra dengan ukuran yang lebih besar.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 9

Pada pertumbuhan janin 9 minggu kehamilan, ukuran janin telah sekitar sebesar buah anggur, dengan berat selama 28 gram dan panjangnya selama 2,54 cm.

Ekor punggung bayi telah menciut dan nyaris menghilang pekan ini. Namun, kepala bayi terus tumbuh dan lumayan besar dikomparasikan bagian tubuh bayi yang lain.

Pada pertumbuhan janin 9 minggu kehamilan ini kepala bayi kita beratnya selama 3 gram. Hidung pun telah berkembang dan dapat disaksikan pada USG, kulit di mata mulai menyusun kelopak mata. kita dapat menyaksikan lebih jelas kelopak mata saat USG dalam sejumlah minggu.

Sistem pencernaan bayi terus berkembang, usus tumbuh lebih panjang dan terbentuklah anus secara bertahap. Di samping itu, organ reproduksi (testis atau ovarium) bakal mulai terbentuk pekan ini.

Karena otot sudah tumbuh, bisa terjadi sejumlah gerakan kesatu pada minggu ini. Namun, kita tidak dapat merasakan gerakan-gerakan ini secara langsung melewati perut, melainkan melulu dapat disaksikan saat USG.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 10

Pada pertumbuhan janin 10 minggu, ukuran si kecil telah sebesar buah lengkeng dengan berat selama 7 gram dan panjang dari kepala hingga kaki lebih pendek dari 2,54 cm.

Di minggu ini, seluruh organ terbentuk dan mulai bekerja. Jari-jari tangan dan kaki telah mulai terbentuk. Di samping itu, tunas gigi secara bertahap terbentuk di dalam mulut. Jika anak kita laki-laki, testisnya pun akan mulai memproduksi tidak banyak hormon testosteron.

Untungnya, kecacatan nyaris tidak lagi tumbuh saat pertumbuhan janin 10 minggu. Hal ini pun menandakan akhir dari periode embrionik. Embrio kini sudah memiliki format manusia dan minggu depan secara sah sudah dapat disebut janin.

Sebelum kita hamil, rahim kita sebesar ukuran buah pir kecil, kemudian pada pertumbuhan bayi 10 minggu, rahim Anda bakal jadi sebesar jeruk bali. Anda dapat mempertimbangkan guna mulai menggunakan baju hamil sekarang. Pasalnya, Anda bakal merasa bahwa pakaian biasa telah tampak tidak nyaman dan sempit.

Di samping itu, payudara kita juga ingin lebih besar sampai-sampai akan memperketat bra Anda. Jika kita bingung antara mengenakan pakaian lama atau pakaian hamil, celana dan rok dengan bahan lentur akan menjadi opsi tepat guna kenyamanan Anda.

Gambar perkembangan janin 6 sampai 10 minggu
Gambar perkembangan janin 6 sampai 10 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 11

Pada tahap pertumbuhan janin 11 minggu kehamilan ini, ukuran janin telah sebesar bola golf, dengan panjang lebih dari 3 cm dari kepala hingga kaki. Untuk menolong semua tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, ibu mesti mengasup tidak sedikit makan makanan bergizi guna memberikan tidak sedikit nutrisi pada bayi.

Di masa pertumbuhan janin 11 minggu kehamilan, wajah bayi telah mulai tumbuh, khususnya telinga yang telah mendekati posisi akhir di kedua sisi. Jika Anda menyaksikan gambar bayi kita sekarang, Anda bakal mengira mempunyai bayi yang jenius sebab ukuran kepalanya ialah setengah dari panjang semua tubuh.

Meskipun organ reproduksi bayi kita sedang berkembang pesat, perangkat kelamin eksternal dari bayi tidak akan hadir sampai akhir minggu ke-11 dan mereka bakal jelas tampak sebagai bayi di minggu ke-14.

Pada masa pertumbuhan janin 11 minggu kehamilan ini, ibu hamil sudah dapat mulai bertenaga kembali. Pasalnya, mual dan pusing yang biasa dialami pada minggu mula kehamilan akan tidak banyak berkurang.

Sayangnya, Anda pun dapat merasakan sembelit dampak hormon yang memperlambat pencernaan, atau pun panas ulu hati (heartburn) sebab hormon melemaskan katup antara perut dan kerongkongan Anda.

Jangan khawatir andai rasa mual menciptakan Anda tidak bisa makan sekian banyak makanan sehat atau berat badan kita belum meningkat (kebanyakan perempuan hanya meningkat 1-2,5 kg sekitar tiga bulan kesatu kehamilan).

Nafsu santap Anda nantinya bakal segera pulang dan dari saat tersebut berat badan Anda bakal mulai naik 0,5 kg per minggu.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 12

Pada pertumbuhan janin 12 minggu kehamilan ini, ukuran janin telah sebesar buah jeruk dengan kira-kira berat 15 g dan panjang 5 cm dari kepala hingga kaki. Otak bayi kita di dalam kandungan pun bakal terus berkembang. Kuku jari tangan dan kaki, pita suara, dan pun usus bakal mulai terbentuk pada pertumbuhan janin 12 minggu ini.

Pada masa pertumbuhan janin 12 minggu ini, ginjal bayi telah mulai bekerja. Setelah menyerap nutrisi dari cairan ketuban, tubuh bayi bisa menyaring dan menerbitkan kotoran dalam format urine.

Pada masa pertumbuhan janin 12 minggu kehamilan, ibu hamil bisa jadi akan mulai lebih percaya diri. Ibu hamil barangkali merasa menjadi lebih cantik, kulitnya menjadi lebih halus dan bercahaya.

Penyebab perubahan keyakinan diri dan penampilan ini diakibatkan oleh penambahan aliran darah dan kegiatan hormon sekitar kehamilan. Hasilnya, hormon dan aliran darah ke pembuluh darah tak melulu meningkatkan kegiatan kelenjar minyak dan menciptakan wajah kita lebih merona serta permukaan kulit lebih kencang dan halus, namun terkadang urusan ini dapat mengakibatkan jerawat.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 13

Pada masa pertumbuhan janin 13 minggu kehamilan ini, janin kita panjangnya telah sekitar 7 cm (dari kepala sampai kaki). Sedangkan berat janin sudah menjangkau 30 gram.

Ketika menginjak bulan ke-4 atau 13 minggu masa kehamilan, plasenta Anda sudah berkembang dan bertugas sebagai pemasok oksigen, nutrisi, dan pengolahan kotoran bayi. Plasenta pun menghasilkan hormon progesteron dan estrogen yang menolong menjaga kehamilan.

Pada masa pertumbuhan janin 13 minggu kehamilan ini, mata janin pun sudah dapat tersingkap dan tertutup untuk mengayomi mata. Janin di dalam kandungan bisa meletakkan jempol di mulutnya, meskipun otot pengisap masih belum sepenuhnya berkembang.

Pada pengecekan di minggu ke 13 ini, dokter mungkin menyerahkan suplemen gizi dan vitamin guna kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat bakal meyakinkan bayi yang belum bermunculan dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang diperlukan, laksana asam folat, seng, zat besi, dan kalsium untuk perkembangan dan perkembangan.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda guna menilai teknik terbaik mengonsumsi vitamin, laksana diminum sambil santap atau diminum bersama-sama dengan jenis minuman tertentu.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 14

Pada usia pertumbuhan janin 14 minggu kehamilan, ukuran janin Anda barangkali sudah sebesar buah lemon,. Berat janin di umur 14 minggu ini berkisar 45 g dan panjangnya selama 9 cm dari kepala hingga kaki.

Di minggu ke 14 ini, bulu halus telah tumbuh di wajah bayi. Lapisan bawah bakal tumbuh dan pada akhirnya bakal menutupi semua tubuhnya hingga bayi lahir.

Di masa ini pun, perangkat kelamin bayi sudah sepenuhnya berkembang namun masih lumayan sulit guna dideteksi pada mesin USG. Di samping itu, bayi Anda pun mulai memproduksi hormon tiroid sebab kelenjar tiroid bayi sudah tumbuh ketika ini.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 15

Pada masa pertumbuhan janin 15 minggu kehamilan ini, ukuran janin telah sebesar buah apel, beratnya selama 75 gram dan panjang 10 cm dari kepala hingga kaki. Di minggu ke 15 ini, kulit janin bakal terus berkembang menebal, tetapi masih tipis dan pembuluh darah masih tampak menerawang. Rambut dan alisnya bayi di dalam kandungan juga akanterus tumbuh.

Di samping itu, sistem kerangka bayi Anda pun terus berkembang. Otot-otot bayi kita tumbuh terus-menerus dan bayi barangkali sudah dapat melakukan tidak sedikit pergerakan di kepala, mulut, tangan, pergelangan tangan, tangan, kaki dan sekitarnya. Di mana pergerakan ini dapat dirasakan oleh ibu hamil.

Di masa pertumbuhan janin 15 minggu kehamilan ini, ibu hamil umumnya telah sulit mengenakan celana jeans dampak perutnya yang mulai membesar. Kebanyakan ibu hamil pun belum percaya bahwa badan mereka bentuknya ikut berubah.

Ibu hamil tidak butuh panik. Perasaan kaget atau tidak dapat menerima fakta bahwa badan kita bentuknya berubah tersebut normal. Mood akan mengakibatkan naik-turunnya emosi kita secara tiba-tiba.

Hormon-hormon kehamilan dalam tubuh ialah penyebab gejala ini. Cobalah guna menghindari urusan yang dapat mengakibatkan Anda stres dan kenalilah evolusi mood Anda andai dirasa telah berubah esktrem. Perlu dikenang bahwa evolusi ini hanya dilangsungkan untuk masa-masa yang singkat saja sampai bayi lahir.

Gambar perkembangan janin 11 sampai 15 minggu
Gambar perkembangan janin 11 sampai 15 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 16

Pada pertumbuhan janin 16 minggu kehamilan, bisa jadi janin telah berukuran nyaris seukuran buah alpukat, dengan berat selama 100 gram dan panjang selama 12 sentimeter dari kepala sampai ujung kaki.

Di usia pertumbuhan janin 16 minggu kehamilan ini, bayi Anda kini sudah dapat menyangga kepalanya dengan lurus. Bayi pun sudah dapat mengekspresikan emosi dengan serangkaian ekspresi laksana menyipitkan mata dan cemberut.

Pada pertumbuhan janin umur 16 minggu kehamilan, Anda pun sudah dapat merasakan tendangan si kecil. Ya, ketika Anda merasa terdapat pergolakan di dalam perut, itu dengan kata lain sang untuk sedang menendang di dalam perut Anda.

Kebanyakan ibu akan menikmati tanda ini antara minggu ke-16 dan minggu ke-20 masa kehamilan. Namun tidak boleh membayangkan tendangan powerful dari malaikat kecil dalam diri Anda!

Tendangan kesatu bayi seringkali sangat lemah, bahkan barangkali Anda bakal salah mengira bahwa itu ialah tanda dari masalah pencernaan, terutama andai ini ialah kehamilan kesatu Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 17

Pada pertumbuhan janin 17 minggu kehamilan, janin sudah nyaris seukuran lobak dengan berat selama 150 gram dan panjang selama 12 sentimeter dari kepala sampai ujung kaki.

Bagian dari bayi yang sangat berkembang pesat sekitar periode ini ialah plasenta. Plasenta sudah berkembang dengan ribuan pembuluh darah guna mengoptimalkan kegunaannya untuk mengalirkan nutrisi serta oksigen untuk bayi dan melemparkan zat saldo bayi.

Pada pertumbuhan janin 17 minggu, Anda barangkali akan menyadari adanya evolusi ukuran payudara yang makin membesar. Sebenarnya, payudara kita mengalami tidak sedikit perubahan sejak mula kehamilan. Hal ini terjadi sebab pengaruh hormon kehamilan guna mempersiapkan tubuh memproduksi ASI.

Darah bakal lebih tidak sedikit mengalir ke duktus atau drainase ASI, dan payudara bakal tumbuh demi mempersiapkan Anda guna menyusui. Nah, berikut yang mengakibatkan ukuran payudara kita membesar sekitar kehamilan.

Di samping itu, evolusi hormon kehamilan pun membuat pembuluh darah vena utama menjadi terlihat. Pastikan ukuran bra Anda saat ukuran payudara mulai membesar saat kehamilan.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 18

Pada pertumbuhan janin 18 minggu kehamilan, janin sudah nyaris seukuran paprika dengan berat selama sekitar 200 gram dan panjang 14 cm dari kepala hingga kaki.

Telinga bayi pun sudah terbentuk lengkap. Maka itu, bersiaplah guna memutarkan lagu pendahuluan tidur untuknya sebab dalam sejumlah minggu mendatang, si kecil barangkali sudah bakal memiliki keterampilan untuk mendengar.

Tulang-tulang telinga tengah dan ujung saraf dari otaknya mulai berkembang, sampai-sampai dapat mendengar suara detak jantung dan pergerakan darah Anda melewati tali pusat. Bahkan si kecil pun mungkin bakal kaget bilamana mendengar suara keras.

Pada pertumbuhan janin 18 minggu kehamilan, mata si kecil pun semakin berkembang dengan baik. Bahkan retinanya telah dapat mendeteksi cahaya andai Anda memegang senter tepat di depan perut.

Di samping itu, tulang bayi Anda juga mulai berkembang, namun masih tetap lembut. Di minggu ini, klavikula dan kaki bayi bakal mulai mengeras.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 19

Pada pertumbuhan janin 19 minggu kehamilan, janin sudah lebih banyak dari ukuran lemon dengan berat selama 240 gram dan panjang selama 15 sentimeter dari kepala hingga kaki.

Pada pertumbuhan janin 19 minggu, rambut-rambut halus telah mulai tumbuh dan terbentuk. Rambut pembentuk kontur wajah, laksana alis dan bulu mata pun mulai tumbuh. Ginjal bayi pun sudah dapat bermanfaat sebagaimana harusnya guna memproduksi urin.

Perkembangan saraf menjangkau puncaknya pada minggu ini. Beberapa saraf laksana penciuman, pengecap, pendengaran, sentuhan, dan penglihatan sudah berkembang di benak janin. Lapisan pelindung berlilin yang dinamakan vernix caseosa pun mulai terbentuk pada kulit bayi untuk mengayomi kulitnya dari cairan ketuban.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 20

Pada usia pertumbuhan janin 20 minggu kehamilan, bisa jadi janin telah berukuran sebesar buah pisang, dengan panjang selama 25 cm dari kepala hingga tumit dan berat selama 315 gram.

Oleh sebab semakin besar, sang janin bakal menghabiskan tidak sedikit ruang di dalam janin, sehingga dapat menyebabkan desakan pada paru, perut, kandung kemih, dan ginjal Anda.

Pada usia pertumbuhan janin 20 minggu kehamilan, kulit bayi bakal mulai menebal dan berkembang. Rambut dan kuku bayi di dalam kandungan pun akan terus tumbuh.

Gambar perkembangan janin 16 sampai 20 minggu
Gambar perkembangan janin 16 sampai 20 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 21

Pada masa pertumbuhan janin 21 minggu kehamilan ini, bisa jadi panjang bayi Anda telah seukuran wortel. Janin kita mungkin pun telah mempunyai panjang selama 26,7 cm dari kepala hingga tumit dan berat selama 340 gram.

Ketika menginjak masa pertumbuhan janin 21 minggu, tampak bahwa usus si kecil telah dapat menyerap sebanyak kecil gula cair dan masuk melewati sistem cernanya. Meski begitu, memang banyak sekali nutrisi dan makanan yang janin bisa masuk melewati plasenta.

Pada masa pertumbuhan janin di umur kehamilan 21 minggu, organ hati dan limpa bayi sudah bertanggung jawab untuk buatan sel darah. Sumsum tulangnya pun sudah lumayan mampu untuk menyusun sel darah.

Nantinya, organ pankreas janin berhenti memproduksi sel-sel darah pada minggu ke-30 kehamilan dan hati berhenti memproduksi sel-sel darah sejumlah minggu sebelum kelahiran.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 22

Di masa perkembangan dan pertumbuhan janin 22 minggu kehamilan ini, ukuran janin bayi telah sekitar 27,9 cm dari kepala ke tumit dan seberat 453 gram, atau sebesar buah labu.

Pada masa pertumbuhan janin 22 minggu kehamilan ini, wajah bayi pun sudah mulai terlihat. Ini dapat dilihat saat bibir, kelopak mata, dan alis janin telah terlihat lebih jelas.

Pada pertumbuhan janin di umur kehamilan 22 minggu ini, indera pengecap pada janin, yakni lidah, telah mulai tumbuh. Selain tersebut otak dan saraf janin telah mulai sempurna terbentuk lumayan untuk janin sampai-sampai ia bisa mulai menikmati rangsangan sentuhan dirinya sendiri. Bayi dapat merasakan sentuhan dengan mengelus wajahnya atau mengisap ibu jari, serta menikmati bagian beda dari tubuh mereka.

Di masa pertumbuhan janin 22 minggu kehamilan ini, organ reproduksi bayi bakal terus tumbuh. Pada anak laki-laki, testis mulai bergerak turun dari perut, dan pada anak perempuan, rahim dan ovarium telah berada di tempatnya, serta vaginanya mulai terbentuk.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 23

Di masa pertumbuhan janin 23 minggu kehamilan ini, ukuran bayi kira-kira telah seukuran buah mangga. Lalu berat janin selama 453 gram dengan panjang 27,9 cm.

Pada umur kehamilan ini, lapisan lemak telah mulai terdapat di dalam tubuh janin. Di samping itu, bayi pun akan lebih tidak jarang ‘olahraga’ dalam perut Anda, menggerakan jari tangan, jari kaki, lengan, dan kakinya. Jadi, tidak boleh kaget bila Anda bakal lebih sering menikmati gerakannya dari dalam perut.

Kemungkinan bermunculan prematur pada umur kehamilan ini pun mungkin terjadi. Bila bayi prematur bermunculan di minggu ini, lazimnya dapat bertahan hidup dengan perawatan medis intens dari dokter.

Akan namun mungkin pun bayi merasakan cacat lahir enteng sampai parah. Dengan bertambahnya penelitian dan pengetahuan di bidang kedokteran janin, diinginkan kasus bayi prematur secara bertahap berkurang masing-masing tahun.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 24

Kali ini bayi telah seukuran jagung. Bayi mempunyai panjang nyaris 30 cm dan berat naik selama 113 gram dikomparasikan minggu lalu.

Bayi masih menerima oksigen melewati plasenta. Akan tetapi sesudah lahir, paru-parunya bakal mulai aktif dan otomatis mengandung oksigen.

Supaya paru-parunya bisa langsung berfungsi, sekitar di dalam rahim organ itu akan mulai memproduksi zat surfaktan. Surfaktan ialah zat yang menangkal kebocoran pada kantung udara di paru-paru, dan melindunginya saat menghembuskan napas.

Tak melulu paru, indera pendengarannya pun kian berkembang ketika ini. Organ telinga dalam semakin sempurna, sehingga keterampilan keseimbangan si kecil pun semakin baik. Hal ini menciptakan ia memahami posisinya di rahim ketika itu, apakah dalam suasana terbalik atau tegak.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 25

Pada masa pertumbuhan janin 25 minggu ini, bayi di dalam kandungan barangkali sudah seukuran laksana sayuran lobak. Kira-kira panjangnya telah sekitar 37,6 cm dengan berat 680 gram.

Anda mungkin pun sudah memerhatikan laksana apa jadwal si kecil sekitar dia terdapat di dalam kandungan, kapan ia bergerak aktif dan istirahat. Jika memang Anda hendak lebih menikmati lagi gerakan si kecil, Anda dapat memerhatikannya sambil membisu dan tidak melakukan kegiatan apapun.

Ketika itu, kita juga dapat mengajaknya berkata karena di umur kehamilan 25 minggu ini, pendengaran bayi lebih berkembang dan telah dapat mendengar suara Anda.

Gambar perkembangan janin 21 sampai 25 minggu
Gambar perkembangan janin 21 sampai 25 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 26

Bayi Anda telah sepanjang daun bawang, panjang dari atas ke tumit 39cm dan berat selama 750g. Bahagialah, sebab kini bermukim tiga bulan lagi yang tersisa hingga si kecil bermunculan ke dunia.

Meskipun mata bayi kita tertutup selama sejumlah bulan terakhir, mereka bakal segera membuka mata dan mulai berkedip. Tergantung pada etnis, sejumlah bayi bakal lahir dengan mata biru atau abu-abu-biru (yang dapat berubah warna di tahun kesatu kehidupan) dan sejumlah akan bermunculan dengan mata coklat atau gelap. Bulu mata dan rambut di kepala pun mulai tumbuh.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 27

Bayi Anda kini seukuran kembang kol. Bayi paling sehat ketika ini, berat selama 900g dan panjang selama 36,8 cm. Pada minggu kesatu trimester ketiga ini, bayi Anda telah terlihat serupa dengan wajahnya ketika lahir nanti, melulu saja lebih kecil.

Paru-paru, hati, dan sistem kekebalan tubuh masih perlu berkembang secara utuh, tetapi andai lahir sekarang, bayi Anda bakal memiliki peluang yang paling bagus guna bertahan hidup.

Seiring dengan keterampilan pendengaran yang terus berkembang, bayi Anda barangkali mulai mengenali suara kita serta pasangan Anda. Suara yang didengar bayi bisa teredam sebab telinga masih tertutup dengan lapisan lilin tebal yang mengayomi kulit dari situasi pecah-pecah sebab cairan ketuban.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 28

Bayi Anda kini seukuran terong besar, beratnya selama 1 kg dan panjangnya 38 cm dari kepala sampai tumit. Pada pengecekan prenatal berikutnya, dokter barangkali memberi tahu kita apakah bayi kita dalam posisi kepala lebih dulu atau kaki lebih dulu atau pantat lebih dulu (disebut posisi sungsang) di dalam rahim.

Bayi yang berada dalam posisi sungsang barangkali perlu dicetuskan dengan operasi caesar. Bayi kita masih mempunyai 2 bulan untuk mengolah posisi, jadi tidak boleh khawatir andai bayi kita berada dalam posisi sungsang sekarang. Kebanyakan bayi akan berpindah posisi dengan sendirinya.

Lipatan dan alur benak bayi kita terus berkembang dan meluas. Di samping itu, bayi kita terus meningkatkan lapisan lemak dan terus mengerjakan pertumbuhan rambut.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 29

Ketika sudah menginjak perkembangan janin 29 minggu umur kehamilan, bayi Anda kini suah seukuran labu dengan berat 1,1 kg dan panjang 38,1 cm dari kepala hingga tumit.

Bayi kita terus aktif, dan gerakan yang tadinya halus sudah menjadi pukulan kencang yang barangkali dapat menciptakan Anda terkejut. Jika Anda menyaksikan penurunan kegiatan gerakan, hitunglah tendangan janin: bayi Anda mesti bergerak minimal 10 kali dalam dua jam. Jika bayi Anda tidak cukup bergerak, bicarakan dengan dokter Anda.

Pada akhir kehamilan, gerakan janin yang bisa Anda rasakan bakal menurun. Bayi Anda kini mempunyai sedikit ruang guna bergerak di dekat rahim, terutama saat kepalanya telah jatuh ke wilayah panggul.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 30

Selama pertumbuhan janin 30 minggu umur kehamilan, bayi Anda kini sudah seukuran semangka kecil, beratnya selama 1,3 kg dan panjang selama 40 cm dari kepala sampai tumit. Bayi kita terus meningkatkan berat badan dan lapisan lemak. Lemak ini menciptakan bayi tampak tidak keriput lagi dan akan menolong memberikan kehangatan sesudah lahir.

Bayi Anda bakal meniru gerakan pernapasan dengan berulang kali menggerakan diafragma guna bernafas. Bayi kita bahkan dapat mendapatkan cegukan, yang barangkali Anda rasa sebagai berkedut yang berirama di dalam rahim Anda.

Minggu ini barangkali menjadi yang terakhir kalinya guna menjalani tes bulanan. Ke depannya, Anda barangkali harus mendatangi dokter Anda masing-masing 2 minggu atau bahkan masing-masing minggu hingga kelahiran.

Pada tes bulan ini, Anda bakal diuji desakan darah dan berat badan dan ditanyakan mengenai tanda-tanda dan fenomena yang barangkali Anda miliki. Dokter pun meminta kita untuk mencerminkan gerakan dan jadwal pekerjaan bayi Anda: saat bayi kita bergerak dan saat dia tidak. kita akan dicek ukuran rahim laksana sebelumnya.

Gambar perkembangan janin 26 sampai 30 minggu
Gambar perkembangan janin 26 sampai 30 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 31

Memasuki pertumbuhan janin 31 minggu kehamilan, bayi Anda sekarang sudah seukuran kelapa, beratnya selama 1,5 kg dan panjang selama 40 cm dari kepala sampai tumit.

Di waktu ini bayi Anda bakal buang air kecil selama 250 ml urin sehari ke dalam cairan ketuban. Dia pun menelan cairan ketuban, yang benar-benar diganti sejumlah kali sehari. Kelebihan cairan ketuban barangkali berarti bahwa bayi tidak menelan secara normal atau bahwa terdapat gangguan pencernaan.

Adanya cairan yang tidak mencukupi dalam kantung ketuban barangkali berarti bayi tidak buang air kecil dengan benar dan dapat menunjukkan adanya masalah dengan ginjal atau drainase kemih. Dokter Anda bakal mengukur tingkat cairan ketuban kita sebagai unsur dari USG berkala.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 32

Selama pertumbuhan janin 32 minggu umur kehamilan, bayi Anda kini seukuran bengkoang besar dengan berat 1.7 kg dan panjang 42,5 cm dari kepala hingga tumit. Ia bisa bertahan hidup di luar rahim andai Anda mencetuskan pada ketika ini.

Sentuhan akhir sedang dilangsungkan pada pembentukan tubuh bayi Anda. Bulu mata, alis, dan rambut di kepala bayi Anda telah jelas. Rambut lanugo yang sudah menutupi bayi kita sejak mula bulan keenam mulai berjatuhan, meskipun sejumlah mungkin tetap sedang di bahu dan di punggung ketika lahir.

Untuk mengakomodasi perkembangan Anda dan keperluan bayi Anda, volume darah Anda bertambah 40 sampai 50 persen semenjak Anda hamil. Dengan rahim yang semakin mendorong dekat ke diafragma kita dan perut kita semakin padat, konsekuensinya kita mungkin merasakan sesak napas dan panas ulu hati.

Untuk menolong meringankan ketidaknyamanan Anda, usahakanlah tidur diganjal dengan bantal dan santap makanan dengan porsi lebih kecil tetapi lebih sering.

Anda mungkin merasakan nyeri punggung bawah seiring pertumbuhan kehamilan Anda. Jika kita mengalaminya, segera beri tahu dokter Anda, terutama andai Anda belum pernah mempunyai sakit punggung sebelumnya, sebab dapat menjadi tanda persalinan prematur.

Dengan asumsi bahwa kita tidak sedang menghadapi persalinan prematur, dalil lain guna nyeri punggung kita mungkin ialah pertumbuhan rahim kita dan evolusi hormonal. Uterus yang membesar menggeser pusat gravitasi kita dan melebarkan serta melemahkan otot-otot perut Anda, mengolah postur tubuh kita dan membebani punggung Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 33

Memasuki pertumbuhan janin 33 minggu kehamilan, ukuran bayi kita kira-kira sebesar buah nanas dengan panjang 43 cm dari kepala sampai tumit dan berat 1.8 kg lebih.

Pada sejumlah minggu terakhir sebelum kelahiran, miliaran sel yang berkembang di benak bayi Anda menolong bayi guna belajar tentang lingkungan di dalam rahim.

Bayi Anda bisa mendengar, merasakan, bahkan melihat. Pupil pada mata bayi Anda bisa mengecil dan melebar ketika mendeteksi cahaya. Seperti bayi yang baru lahir, bayi tidak sedikit tidur dan bahkan merasakan tahap istirahat Rapid Eye Movement (REM).

Paru-paru bayi Anda pun sudah nyaris seluruhnya sempurna. Selanjutnya akan hadir lemak pada tubuh bayi untuk mengayomi dan menghangatkan bayi Anda. Berat bayi akan meningkat di sejumlah minggu terakhir sebelum kelahiran.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 34

Selama pertumbuhan janin 34 minggu umur kehamilan, ukuran bayi kita kira-kira sebesar melon dengan berat 2.15 kg dan panjang selama 46 cm dari kepala sampai tumit. Sampai ketika ini, banyak sekali bayi telah pada posisi siap bermunculan dan dokter bakal memberi tahu kita posisi kelahiran bayi, apakah kepala atau kaki terlebih dahulu.

Asupan kalsium ibu sangat urgen selama masa kehamilan sebab bayi akan memungut kalsium dari sang ibu untuk menciptakan dan memperkeras tulang.

Jika perempuan hamil tidak mendapat kalsium yang cukup, urusan itu dapat memprovokasi tulangnya sendiri sebab perkembangan janin akan memungut mineral dari struktur rangka ibu sejumlah yang diperlukan. Vernix coating atau lemak pada kulit bayi semakin tebal, di mana rambut halus nyaris sepenuhnya hilang.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 35

Selama pertumbuhan janin 35 minggu umur kehamilan, ukuran bayi Anda ketika ini kira-kira sebesar buah semangka dengan berat 2.38 kg dan panjang 46 cm.

Dengan ukuran ini, tidak terdapat lagi ruang guna bayi bergerak di dalam rahim. Oleh sebab tersebut jumlah tendangan bayi barangkali berkurang, namun akan terasa lebih kencang. Lemak sudah beralih ke semua tubuh bayi Anda, terutama di dekat bahu. Jika bayi kita di posisi kepala terlebih dahulu, kepalanya bakal bersandar di tulang kemaluan kita pada persiapan persalinan.

Gambar perkembangan janin 31 sampai 35 minggu
Gambar perkembangan janin 31 sampai 35 minggu

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 36

Perkembangan janin 36 minggu kehamilan menunjukkan ukuran bayi kita kira-kira sebesar sebongkah kol, dengan panjang dari kepala sampai kaki tidak cukup lebih 47 cm dan berat 2,7 kg.

Janin yang sudah Anda lihat pada USG sebelumnya sudah tumbuh menjadi lebih gemuk. Pipi bayi telah mulai gembil dan otot mengisapnya pun sudah kuat, memberi kontribusi pada pertumbuhan wajah bayi Anda. Tulang yang menyusun batok kepala bayi Anda bisa bergerak secara relatif terhadap satu sama beda dan saling tumpang tindih ketika kepala bayi Anda sedang di dalam panggul. Fenomena ini dinamakan molding, dan memudahkan bayi guna lahir secara normal.

Jangan khawatir andai bayi Anda bermunculan dengan kepala agak runcing atau berbentuk aneh. Setelah sejumlah jam atau hari, kepala bayi Anda bakal kembali ke format bulat normal.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 37

Perkembangan janin 37 minggu kehamilan menunjukkan ukuran bayi Anda ketika ini kira-kira sebesar seikat sawi hijau, dengan panjang tidak cukup lebih 48 cm dan berat 2.85 kg.

Pada ketika ini, pertumbuhan koordinasi bayi Anda sudah berkembang lumayan baik sampai dia dapat menggenggam jari jemarinya. Jika cahaya terang ditunjukkan ke perut Anda, bayi Anda barangkali akan berputar menghadap ke arah cahaya itu di dalam rahim Anda.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 38

Perkembangan janin 38 minggu umur kehamilan dapat dilihat dari evolusi ukuran bayi di dalam rahim.

Bayi Anda kini sudah seukuran seikat daun bawang, dengan panjang tidak cukup lebih 45 cm dari kepala sampai tumit dan berat 3,2kg.

Beratnya masih bakal terus meningkat walau pertumbuhannya melambat. Anda pun mungkin bakal sadar berat badan Anda sudah menurun atau berhenti bertambah.

Karena bayi Anda sudah mempunyai otot guna mengisap dan menelan cairan ketuban, feses telah mulai terakumulasi pada ususnya. Sel-sel yang berasal dari usus, sel kulit mati, dan rambut lanugo, ialah beberapa material yang berkontribusi dalam menyusun mekonium.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 39

Memasuki pertumbuhan janin 39 minggu kehamilan, bayi Anda ketika ini telah seukuran semangka kecil dengan berat 3,5 kg dan panjang 50cm dari kepala sampai tumit.

Terkadang tali pusar bisa melilit leher bayi. Secara umum, urusan ini tidak mengakibatkan masalah, walaupun operasi cesar akan dibutuhkan jika situasi ini menyebabkan tekanan pada tali pusar sekitar proses bersalin. Simpul mati pada tali pusar lebih jarang terjadi melulu 1% dari seluruh kehamilan.

Vernix yang menutupi kulit bayi Anda banyak sekali telah menghilang, begitu juga dengan lanugo. Tubuh Anda sudah melengkapi bayi kita dengan antibodi melewati plasenta yang akan menolong sistem daya imun bayi kita dalam melawan infeksi guna 6-12 bulan kesatu kehidupan.

Tahap Perkembangan Janin di Minggu ke 40

Setelah pertumbuhan janin 40 minggu kehamilan, bayi Anda kini sudah seukuran buah labu kecil dengan berat selama 3,4 kg dan panjang 50,8 cm. Bayi kita dapat bermunculan kapan saja sekitar minggu ini.

Namun, melulu 5% perempuan yang mencetuskan sesuai dengan perkiraan waktu bersalin yang sudah ditentukan. Banyak perempuan yang kesatu kali menjadi ibu menunggu sampai dua minggu sesudah waktu perkiraan persalinan guna menyambut kehadiran bayi mereka.

Jangan bercita-cita bahwa bayi Anda bakal langsung tampak cantik dan menarik. Bayi yang baru bermunculan sering merasakan perubahan format sementara pada kepalanya atau kepalanya barangkali ditutupi vernix dan darah. Kulit bayi Anda barangkali akan merasakan perubahan warna, kering, dan tidak sedikit ruam.

Karena dalam sistem tubuh bayi ada hormon Anda, perangkat kelamin bayi kita (skrotum untuk bayi laki-laki dan labia untuk bayi perempuan) barangkali akan terlihat lebih besar. Bayi Anda, baik tersebut laki-laki maupun perempuan, barangkali akan menerbitkan susu dari puting susu. Hal ini bakal menghilang dalam sejumlah hari dan sangatlah normal terjadi.

Tepat sesudah melahirkan, dokter bakal menyedot terbit lendir dari mulut dan hidung bayi, dan Anda bakal mendengar tangisan kesatu yang sudah lama ditunggu. Bayi Anda lantas akan ditempatkan di atas perut Anda, dan tali ari-ari akan dicukur – seringkali oleh sang Ayah dari bayi tersebut, andai ia memilih guna melakukannya.

Sejumlah tes singkat laksana Apgar score akan dilaksanakan untuk menilai respon bayi dan firasat vitalnya, dan dia bakal ditimbang dan diukur.

Jika kehamilan kita berisiko tinggi, atau andai operasi caesar dibutuhkan, seorang dokter yang berpengalaman dalam NICU (newborn intensive care unit) akan muncul pada proses persalinan guna langsung menangani bayi sebelum meletakkannya pada pangkuan Anda.

Gambar perkembangan janin 36 sampai 40 minggu
Gambar perkembangan janin 36 sampai 40 minggu

Lihat Juga Yang Lainnya: