Penyebab menstruasi tidak datang selama 3 bulan
Penyebab menstruasi tidak datang selama 3 bulan
Penyebab menstruasi tidak datang

Penyebab menstruasi tidak datang selama 3 bulan – Tidak sedikit macam-macam gangguan haid yang dapat terjadi pada seluruh wanita. Ada perempuan yang mempunyai siklus paling normal dan terdapat yang tidak. Semua paling tergantung dengan situasi tubuh dan kesehatan Anda.

Salah satu urusan yang sangat sering ialah terlambat haid. Bahkan dapat sampai 1 bulan lebih. Ini akan mengakibatkan tubuh tidak nyaman dan menambah rasa cemas. Daripada kita cemas, maka simak penyebab tidak haid sekitar 3 bulan, Sebagai berikut ini.

Anovulasi

Ini ialah salah satu penyebab yang paling umum dari tidak haid sekitar berbulan-bulan. Masalah ini bakal menjadi penyebab kemandulan pada perempuan yang paling merugikan andai sudah menikah.

Ini terjadi saat ovarium menerbitkan telur yang tidak matang sampai-sampai gagal menjangkau ovulasi. Ini tidak saja terjadi sebab satu masalah saja namun lebih kompleks. Salah satunya andai dihubungkan dengan masalah sindrom ovarium polikistik, masalah tiroid dan stres.

Stres berat

Stres pada remaja dan perempuan pekerja pun akan mengakibatkan telat datang bulan. Ini pun akan mengakibatkan gangguan guna jantung. Siklus haid ditentukan oleh hormon dalam tubuh, lantas stres bakal mengacaukan faedah hipotalamus dalam otak.

Ini ialah bagian yang akan menata emosi, hormon tubuh, siklus haid dan faedah seks. Akhirnya stres bakal menjadi penyebab haid tidak teratur.

Masalah berat badan

Masalah berat badan berlebihan dan tidak cukup berat badan pun akan mengakibatkan haid tidak teratur. Sel lemak dalam tubuh bakal mempengaruhi faedah hormon estrogen dalam tubuh.

Estrogen sendiri bakal bekerja bareng dengan hormon luteinizing dan hormon yang memicu folikel untuk menerbitkan sel telur dari indung telur. Jika kegunaannya saja terganggu maka haid menjadi tidak tertata dan kemungkinan dapat memicu penyebab nyeri haid berlebihan. Bahkan terlampau gemuk pun akan menambah resiko PCOS yang dapat merugikan wanita.

Pengaruh perangkat KB hormonal

Jika Anda memakai alat KB yang berisi hormon maka ini juga dapat meningkatkan resiko terlambat haid dalam masa-masa yang lama. Salah satunya ialah pil KB yang bakal memasukkan hormon ke tubuh masing-masing hari.

Kemudian ini bakal menghambat proses ovulasi sampai-sampai ibu tidak akan menikmati tanda tanda ovulasi laksana wanita normal lain. Efek samping pil KB yang telah dikonsumsi lama bahkan dapat menghentikan menstruasi sekitar berbulan-bulan hingga yang parah satu tahun jika perlu gunakan obat pelancar haid resep dokter.

Anda sedang menyusui

Ketika kita baru mencetuskan dan menyusui secara khusus maka situasi haid terlambat memang paling wajar. Bahkan dari jarak mencetuskan sampai menstruasi dapat membutuhkan waktu hingga 9 atau 12 bulan meskipun kita tidak sedang hamil.

Hal ini diakibatkan karena hormon prolaktin akan memicu produksi ASI, lantas menurunkan estrogen sampai-sampai Anda tidak akan merasakan ovulasi. Biasanya haid Anda bakal kembali normal andai bayi kita sudah diluncurkan dengan makanan pendamping ASI.

Adanya tumor hipofisis

Tumor hipofisis ialah salah satu jenis tumor non kanker yang memprovokasi kelenjar pituari. Tumor yang pun disebut dengan prolaktinoma ini akan menciptakan kelenjar pituari memproduksi prolaktin.

Ketika kadar prolaktin dalam darah menjadi paling tinggi maka akan mengakibatkan gangguan untuk faedah ovarium. Ini yang akan menciptakan Anda terlambat haid dalam masa-masa lama, menstruasi yang tidak teratur, dan situasi tidak subur.

Gangguan makan

Orang-orang yang bekerja dengan mengawal berat badan sering mengurangi diri sendiri. Mereka mengerjakan diet secara berlebihan sampai akhirnya menderita gangguan makan. Ini pun disebut dengan anorexia, dimana akan mengakibatkan haid tidak teratur. Masalahnya terjadi saat tubuh kita tidak mempunyai lemak yang lumayan maka ovulasi bakal berhenti dan haid tidak bakal muncul.

Hamil

Penyebab telat datang bulan merupakan fenomena utama yang sangat penting guna hamil. Hal yang butuh menjadi perhatian di sini, bisa jadi ini melulu akan terjadi pada perempuan yang pernah mengerjakan hubungan intim (suami istri) yang terjadi pembuahan (sel telur yang telah dibuahi oleh sperma).

Jadi, bilamana belum mengerjakan hubungan suami istri, kecil bisa jadi bahwa hamil yang menjadi satu-satunya hal penyebab tidak haid yang kita alami.

Terkait urusan ini, Anda dapat mencoba mengerjakan test pack kehamilan guna hasil yang lebih pasti. Hasil yang negatif pada test pack seringkali berarti kamu tidak hamil. kita juga dapat melakukan test sejumlah hari berikutnya atau datang ke dokter kandungan terdekat.

Cek disini : Kalkulator kehamilan dan kelahiran

Hormon

Hormon pun menjadi sesuatu yang urgen untuk menata siklus haid seseorang. Haid terlambat ini dapat khususnya pada perempuan yang umur di bawah 20 tahun. Kemungkinan tidak haid selama 2 sampai 3 bulan pada remaja lebih banyak daripada di atas 20 tahun, urusan ini disebabkan hormonnya sedang berkembang. Jadi, haid dapat terlambat atau dapat juga lebih cepat.

Diet

Perubahan pola makan, seperti peningkatan atau pengurangan porsi makanan pun dapat menganggu hormon yang menyebabkan telat haid 2 bulan. Di samping itu, andai berat badan kita tidak stabil atau naik-turun.

Nah tersebut semua penyebab tidak haid selama 1 2 3 4 5 6 bulan. Tentunya andai Anda sering merasakan ini maka lihat kembali fenomena dan situasi tubuh Anda. Jika kita merasa sudah paling tidak nyaman maka segera ke dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat.