Mitos Makan Pepaya Saat Hamil dapat Menyebabkan Keguguran
Makan Pepaya Saat Hamil
Makan Pepaya Saat Hamil

Buah-buahan adalah salah satu elemen penting dalam diet wanita hamil karena mereka kaya akan vitamin, mineral, serat, dan folat. Namun, tidak sedikit yang berpikir bahwa jenis buah tertentu seperti pepaya harus dihindari karena dapat membahayakan janin. Jadi, tidak bisakah makan pepaya selama kehamilan? Ini jawabannya.

Bisa atau tidaknya wanita hamil mengkonsumsi pepaya tergantung dari tingkat kedewasaannya. Seperti kebanyakan buah-buahan, pepaya membutuhkan waktu mulai dari berbuah hingga sepenuhnya matang dan dapat dikonsumsi. Pepaya dewasa terlihat oranye kekuningan, sedangkan pepaya mentah memiliki kulit hijau dengan daging putih gading.

Pepaya dewasa merupakan sumber kolin, beta-karoten, folat, serat, kalium dan berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Berbagai bahan ini tidak ditemukan dalam pepaya yang belum matang. Kandungan tertinggi dalam pepaya mentah adalah getah dan enzim papain yang dapat memecah protein menjadi peptida dan asam amino.

Larangan makan pepaya selama kehamilan tidak berlaku untuk buah matang. Sebaliknya, yang harus Anda hindari adalah getah dalam pepaya mentah. Ini karena permen karet pepaya mentah dapat memiliki efek sebagai berikut:

  • Merangsang kontraksi otot dinding rahim yang mengakibatkan persalinan dini.
  • Memicu reaksi alergi berbahaya pada wanita hamil.
  • Tubuh Anda dapat secara keliru mengenali enzim papain sebagai hormon prostaglandin yang merangsang kerja. Getah pepaya juga bisa melemahkan selaput pelindung janin.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa enzim papain dalam jumlah banyak diduga mampu menyebabkan keracunan pada janin dan bayi cacat saat lahir. Namun, penelitian ini hanya dilakukan pada hewan dan masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Manfaat makan pepaya matang selama kehamilan

Getah dan enzim papain memang berbahaya bagi kesehatan janin, tetapi konsumsi pepaya matang dan tidak banyak sebenarnya bermanfaat bagi wanita hamil. Berdasarkan sejumlah penelitian yang diterbitkan pada halaman Mom Junction, pepaya matang memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Pencernaan wanita hamil. Kandungan beta-karoten dalam pepaya matang merupakan sumber antioksidan yang dapat meredakan mulas dan mengurangi risiko sembelit.
  • Mencegah mual di pagi hari, atau mual di pagi hari.
  • Pertahankan sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan antioksidan adalah dua komponen yang efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah infeksi yang disebabkan oleh infeksi.
  • Tingkatkan kadar hemoglobin. Jika angkanya rendah, ibu hamil bisa mengalami anemia.
  • Cegah dehidrasi karena kandungan air yang tinggi di pepaya.
  • Memberikan energi dari kandungan gula dan kalori yang terkandung dalam pepaya. Kecukupan energi merupakan faktor penting untuk mencegah kelelahan pada wanita hamil.
  • Mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan berbagai penyakit lainnya.

Anda bisa saja makan pepaya saat hamil asalkan pepaya benar-benar matang dan tidak lagi mengandung banyak getah. Namun, berhati-hatilah saat makan pepaya jika Anda pernah mengalami keguguran atau persalinan prematur sebelumnya. Jangan juga mengkonsumsinya secara berlebihan.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang bahan makanan tertentu selama kehamilan, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan yang Anda alami setelah makan buah-buahan dan makanan lain.