Kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan

Diposting pada

Kehamilan 4 bulan – Memasuki trimester kedua kehamilan merupakan pencapaian dalam kehamilan. Perlahan tapi pasti Anda akan lebih rileks selama kehamilan ini daripada trimester pertama.

Pada usia kehamilan ini, Anda akan dapat melihat perubahan pada ibu dan bayinya. Perut Anda mulai tumbuh dan berputar dan mulai saat ini Anda akan lebih sering mengunjungi dokter kandungan.

Saat Anda hamil 4 bulan atau sekitar 17-20 minggu, umumnya Anda mulai merasakan gerakan janin. Bentuk wajah janin juga terlihat lebih jelas dan dapat dilihat pada hasil USG 4 dimensi.

Jika pada bulan ke 3 kehamilan Anda masih bisa mengenakan pakaian longgar yang biasa, saat ini kemungkinan besar Anda perlu mengenakan pakaian dan celana hamil. Pada bulan ke 4 ini, janin akan semakin besar dengan wajah yang semakin terbentuk dengan jelas.

Bagaimana Pertumbuhan Janin ?

Selama 4 bulan kehamilan, janin Anda akan berukuran sekitar 13 cm dan beratnya sekitar 140 gram. Cangkang kepala yang terdiri dari tulang rawan mulai mengeras.

Sumsum tulang belakang mulai diselimuti oleh lapisan pelindung yang disebut mielin. Sementara itu, kelenjar keringat juga mulai berkembang di seluruh tubuhnya. Tali pusar, yang merupakan saluran untuk sumber makanan, juga akan menguat dan berkembang.

Kehamilan 17 minggu

  • Tubuh janin akan membesar mengikuti kepala sehingga bentuknya menjadi lebih proporsional.
  • Wajahnya lebih mirip manusia dengan tumbuhnya alis dan bulu mata.
  • Meskipun kelopak matanya tertutup, bola matanya bisa bergerak.
  • Mulutnya mulai membuka dan menutup.
  • Jari-jari dan sidik jari mulai terbentuk. Tangannya mulai mengepal.
  • Janin dapat merespons suara dari luar, seperti suara musik. Meskipun
  • Anda mungkin tidak selalu bisa merasakan gerakan janin.
  • Tubuhnya belum menyimpan banyak lemak sehingga terlihat keriput.

Kehamilan 18 minggu

  • Pembuluh darah telah muncul di permukaan kulit.
  • Telinganya mulai terlihat berbentuk, meski belum sempurna.
  • Pada usia ini, jenis kelamin janin dapat diidentifikasi.
  • Mulai dari minggu ini hingga minggu 20, ibu mulai merasakan gerakan janin dengan lebih jelas.

Kehamilan 19 minggu

  • Janin dapat menelan cairan ketuban dan ginjalnya dapat menghasilkan urin.
  • Rambut di kepala mulai tumbuh.
  • Saraf untuk mencium, merasakan, melihat, mendengar, dan menyentuh mulai terbentuk di otak.

Kehamilan 20 minggu

  • Tubuh janin mulai dilindungi oleh lapisan lemak yang disebut vernix caseosa. Lapisan ini melindungi kulit janin untuk waktu yang lama dalam cairan ketuban.
  • Janin Anda akan menelan lebih banyak. Tubuhnya akan menyerap air dalam cairan ketuban dan mengalir ke usus besar.
  • Pada minggu ke 20, ukuran janin sekitar 26 cm dan beratnya 300 gram.

Ciri ciri hamil 4 bulan

Selama 4 bulan hamil atau 17-20 minggu, wanita hamil bisa merasakan gerakan janin. Perut yang terus mengembang membuat organ-organ tubuh seperti usus bergeser posisi dan tubuh perlu menyesuaikan posturnya.

Saat efek rahim mengembang, beberapa area kulit perut akan mengalami peregangan dan hiperpigmentasi sehingga mungkin ada garis hitam di bagian bawah perut Anda. Kerontokan rambut normal pada kehamilan mulai mereda, sehingga rambut terlihat lebih tebal seperti sebelumnya.

Baca Juga :

6 Tanda tanda pasti hamil muda

Tanda tanda hamil yang perlu wanita muda ketahui

Tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu

Masalah lain yang mungkin dirasakan selama kehamilan selama 4 bulan adalah kurang tidur, kelelahan, dan sakit kepala. Jika sakit kepala terasa sangat parah, sebaiknya segera konsultasikan pada diri sendiri karena bisa menjadi gejala penyakit tertentu.

Bentuk perut ibu hamil 4 bulan
Bentuk perut ibu hamil 4 bulan

Apa yang perlu Anda perhatikan ?

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan dan perlu dihindari selama 4 bulan kehamilan atau 17-20 minggu :

  • Rahim yang membesar cenderung membuat keseimbangan tubuh Anda terganggu. Jadi jika sebelumnya terbiasa mengenakan sepatu hak tinggi, sekaranglah saatnya memilih memakai sepatu flat.
  • Kesulitan tidur pada wanita hamil adalah suatu kondisi yang umum pada periode ini. Gunakan bantal tambahan di samping tubuh untuk menopang perut. Posisi terbaik adalah tidur menyamping sehingga pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Berbaring telentang dapat membuat Anda pusing karena terbatasnya aliran darah ke jantung.
  • Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang memenuhi kebutuhan zat besi tubuh Anda sehingga janin dapat membentuk sel darah merah. Zat besi umumnya ditemukan pada unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, dan bayam. Pada saat ini, kemungkinan Anda akan merasakan sakit yang sering dirasakan di paha atau kaki, yang disebut nyeri saraf skiatik.
  • Tetap lakukan olahraga yang aman untuk wanita hamil.
  • Waspadai gejala tertentu seperti pendarahan yang bisa menjadi pertanda kondisi serius. Gatal yang berlebihan juga bisa menjadi gejala gangguan hati, yaitu obstetri kolestasis.

Setelah Anda mulai merasakan gerakan janin selama 4 bulan kehamilan, janin akan lebih jernih seperti bayi selama 5 bulan hamil. Dari gerakan janin yang hanya sebatas tendangan yang halus itu akan berubah menjadi perasaan yang lebih kuat.

Kabar baiknya, gejala kehamilan seperti mual dan sering buang air kecil akan mereda, sehingga bisa menjadi periode yang paling dinikmati oleh ibu hamil.

Gambar hamil 4 bulan
Gambar hamil 4 bulan

Makanan ibu hamil 4 bulan

Bayi Anda dapat mendengar detak jantung Anda, suara Anda, dan bunyi perut Anda. Secara fisik, pada bulan ke-4 ada perubahan yang semakin besar. Ibu dianjurkan untuk menggunakan baju hamil. Ini karena gerakannya yang lebih aktif, hati yang berfungsi akan membentuk metabolisme darah, bilirubin dan hemoglobin. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin pada usia kehamilan 4 bulan.

Berikut ini adalah makanan untuk ibu hamil 4 bulan :

1. Diperkaya dengan kandungan serat

Pada awal bulan ke-4 Anda bisa mengonsumsi lebih banyak serat. Karena kondisi fisik yang berubah pada bulan ke-4 sering menimbulkan keluhan. Untuk mengurangi keluhan selama kehamilan yang berhubungan dengan pencernaan, Anda bisa mengonsumsi serat untuk mengurangi risiko sembelit. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya serat seperti jeruk, kacang-kacangan, semangka atau brokoli.

2. Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan. Bahkan kalsium sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Peran kalsium sangat penting dalam perkembangan tulang rawan pada janin. Anda dapat memberikan kalsium yang cukup dengan mengonsumsi keju, susu, dan sayuran dengan daun hijau. Ini untuk mengurangi risiko kalsium yang diambil dalam tubuh ibu.

3. Protein

Selama perkembangan janin dalam rahim Anda membutuhkan protein. Protein selalu dibutuhkan sehingga setiap kali Anda mengkonsumsi makanan pastikan itu dilengkapi dengan protein nabati atau protein hewani. Anda bisa memilih makanan yang terkandung dalam sayur, buah, buah atau telur. Anda menyediakan protein yang cukup sehingga Anda dapat memproses pembelahan sel. (Baca juga: Makanan untuk ibu hamil)

4. Rendah lemak

Berat akan mulai meningkat pada bulan ke-4 kehamilan. Sehingga asupan lemak pada ibu hamil harus dikontrol. Anda bisa mengonsumsi makanan yang rendah lemak sebagai menu harian Anda. Pilih susu yang rendah lemak dan daging tanpa lemak yang baik untuk kesehatan, jadi bagus untuk bulan ke-4 kehamilan Anda.

5. Zat besi

Wanita hamil rentan terhadap anemia sehingga Anda harus mampu mempertahankan asupan zat besi dalam tubuh. Asupan zat besi sangat penting untuk membentuk darah dan membantu nutrisi yang cukup selama janin dalam kandungan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, termasuk kurma, pisang, atau labu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *