Kalkulator kehamilan dan kelahiran menurut dokter

Diposting pada
Kalkulator kehamilan dan kelahiran
Kalkulator kehamilan dan kelahiran

Kalkulator kehamilan dan kelahiran – Ketika memahami bahwa Anda tengah hamil, pasti pertanyaan kesatu yang terbersit di benak adalah, berapa usia kehamilanku ketika ini ?

Mengetahui usia kehamilan paling penting, terutama untuk Anda. Karena dengan memahami umur kehamilan, Anda jadi tahu pertumbuhan apa yang seharusnya terjadi pada anak Anda, Anda pun tahu asupan gizi yang tepat yang mesti diserahkan pada janin, evolusi apa yang bakal terjadi pada Anda dan janin, dan pastinya apa saja urusan yang boleh dilaksanakan dan tidak boleh dilaksanakan pada usia kehamilan Anda.

Untuk mengukur usia kehamilan, terdapat 2 teknik yang sangat umum yang dapat Anda lakukan. Yaitu dengan cara kalender dan lewat pengecekan USG. Nah sebelum mengerjakan pemeriksaan ke dokter atau lewat USG, Anda sudah dapat memperhitungkan sendiri berapa usia kehamilan Anda ketika ini.

Menghitung dengan cara kalender ialah cara sangat sederhana yang dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah. Dengan cara kalender ini, selain bisa menghitung usia kehamilan, Anda pun dapat menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Anda lumayan mengetahui Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) untuk dapat menghitung usia kehamilan lewat cara kalender ini.

Jika siklus haid Anda tertata teratur (per 28 hari atau 30 hari umumnya), Anda bisa menghitung HPL memakai rumus Neagele berikut :

Minggu pertama kehamilan dihitung sejak kapan ?

( tanggal HPHT + 7 ), ( bulan pada ketika haid terakhir – 3 ), ( tahun pada ketika haid terakhir +1 )

Contoh : Anda terakhir kali menstruasi pada 18 November 2017.

Maka, perhitungannya menjadi:

(18 + 7), (11 – 3), (2017 + 1) = 25, 8, 2018

Jadi, HPL Anda ialah 25 Agustus 2018.

Bagaimana cara menghitung siklus haid ?

Dari HPL ini Anda bisa menghitung umur kehamilan per tanggal 25. Misalnya, pada 25 Desember 2017, umur kehamilan Anda ialah 6 minggu atau 1 bulan, dan seterusnya.

Jika HPHT Anda terjadi di bulan yang tidak dapat dikurangi 3 (Januari – Maret), maka bulan lumayan ditambah 9, sementara tahunnya tetap.

Contoh : Anda terakhir kali menstruasi pada 6 Februari 2018.

Maka, perhitungannya menjadi :

(6 + 7), (2 + 9), (2018) = 13, 11, 2018

Maka, HPL Anda ialah 13 November 2018.

Seringkali, Anda yang baru saja menikah dan langsung dikaruniai anak, bakal disangka merasakan MBA (Married by Accident) sebab umur kehamilan dengan tanggal pernikahan terlalu dekat. Hal ini dikarenakan, penghitungan kehamilan memang dihitung dari tanggal terakhir menstruasi.

Apa yang dimaksud dengan hari pertama haid terakhir ? Jika bukan dihitung dari tanggal terakhir menstruasi, usia kehamilan akan susah di perhitungkan sebab kita tidak pernah tahu kapan pembuahan tepatnya terjadi di dalam rahim. Maka dari itu, ilmu kedokteran memandang sangat tepat ialah menghitung dari HPHT.

Cek aplikasi kalkulator kehamilan