Friday, May 31, 2024
HomeFoodsCara Membuat Ketupat Lebaran Yang Mudah

Cara Membuat Ketupat Lebaran Yang Mudah

Cara Membuat Ketupat Lebaran
Cara Membuat Ketupat Lebaran

Selamat datang di artikel kami tentang cara membuat ketupat Lebaran yang mudah! Ketupat adalah makanan khas Indonesia yang sering disajikan pada saat Lebaran. Ketupat terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda, dan biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti rendang atau opor ayam berdasarkan Pasti Viral.

Di artikel ini, kami akan memberikan tutorial tentang cara membuat ketupat Lebaran yang mudah dan praktis. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana, dan mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

Beras ketan putih
Air
Daun pandan (opsional)
Garam secukupnya
Anyaman daun kelapa muda atau plastik pembungkus ketupat
Peralatan:

Wadah untuk merendam beras
Panci besar
Kain tipis untuk menyaring
Gelas ukur

Baca juga : Manfaat-Manfaat Dari Mengkonsumsi Teh Hijau

Langkah-langkah:

Rendam beras ketan dalam air selama minimal kurang lebih selama 2 jam. Anda bisa menambahkan beberapa helai daun pandan untuk memberikan aroma yang lebih harum.

Setelah beras direndam, siapkan anyaman daun kelapa muda atau plastik pembungkus ketupat. Jika menggunakan daun kelapa muda, pastikan daunnya bersih dan tidak rusak.

Ambil beberapa helai daun kelapa muda, lalu bungkus beras ketan dalam daun tersebut. Jika menggunakan plastik, masukkan beras ke dalam plastik dan rapatkan dengan kuat.

Masukkan beras ketan yang sudah dibungkus ke dalam panci besar yang berisi air mendidih. Pastikan airnya cukup untuk menutupi ketupat.

Tambahkan garam secukupnya ke dalam air, lalu masak ketupat selama 2-3 jam. Jangan lupa untuk mengecek air setiap 30 menit, dan tambahkan air jika diperlukan.

Setelah selesai dimasak, angkat ketupat dari panci dan tiriskan. Jika menggunakan daun kelapa muda, biarkan ketupat dingin sejenak agar daunnya bisa dibuka dengan mudah.

Ketupat Lebaran siap disajikan dengan lauk pauk favorit Anda!

Itulah tutorial singkat tentang cara membuat ketupat Lebaran yang mudah dan praktis. Selamat mencoba, dan semoga sukses!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments