Friday, May 31, 2024
HomeSportsAsal Usul Dan Sejarah Wushu

Asal Usul Dan Sejarah Wushu

 

Asal Usul Wushu
Asal Usul Wushu

Wushu adalah seni bela diri asal China yang telah dikenal dan dipraktikkan di seluruh dunia. Wushu memiliki gerakan-gerakan yang indah dan menawan serta memerlukan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Namun, sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, Wushu memiliki asal usul dan sejarah yang panjang berdasarkan Pasti Viral.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai asal usul dan sejarah Wushu.

Asal Usul Wushu

Wushu berasal dari bahasa Mandarin yang memiliki arti “seni bela diri”. Kata Wushu pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-20 untuk menggantikan istilah Kungfu. Wushu sendiri memiliki banyak gaya dan cabang yang berbeda, seperti Tai Chi, Shaolin, dan Wing Chun.

Baca juga : Fakta-Fakta Unik Tentang Ketupat Yang Identik Dengan Bulan Ramadhan

Sejarah Wushu

Sejarah Wushu dapat ditelusuri kembali ke masa Dinasti Xia (2070 – 1600 SM) di China, di mana seni bela diri dikenal sebagai “Jiao Di”. Pada masa Dinasti Shang (1600 – 1046 SM), seni bela diri sudah mulai berkembang dan dikenal sebagai “Gong Fu” atau “Kung Fu”. Selanjutnya, pada masa Dinasti Qin (221 – 207 SM), seni bela diri mulai diajarkan di sekolah-sekolah militer dan berkembang dengan pesat.

Pada masa Dinasti Tang (618 – 907 M), seni bela diri berkembang pesat dan mencapai puncaknya. Di bawah pemerintahan Kaisar Tang Taizong, seni bela diri menjadi bagian penting dari latihan militer. Selain itu, pada masa ini juga muncul Shaolin Kung Fu yang terkenal hingga saat ini.

Pada abad ke-20, pemerintah China mulai mengembangkan Wushu sebagai olahraga nasional. Pada tahun 1958, Chinese Wushu Association dibentuk untuk mengembangkan dan mempromosikan Wushu ke seluruh dunia. Selain itu, pada tahun 1991, Wushu menjadi olahraga demonstrasi di Olimpiade Barcelona.

Saat ini, Wushu telah berkembang dan dipraktikkan di seluruh dunia. Wushu tidak hanya menjadi seni bela diri, tetapi juga olahraga yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Kesimpulan

Wushu merupakan seni bela diri yang memiliki asal usul dan sejarah yang panjang di China. Seni bela diri ini berkembang pesat pada masa Dinasti Tang dan kemudian dijadikan olahraga nasional oleh pemerintah China pada abad ke-20. Saat ini, Wushu telah menjadi olahraga yang populer dan dipraktikkan di seluruh dunia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments